Training outbound merupakan sarana rekreasi sekaligus sarana peningkatan kualitas tim yang sangat efektif. Training outbound saat ini menjadi tren tersendiri bagi banyak perusahaan di Indonesia.

Melihat potensi training outbound dan keuntungan yang lumayan dari penyelenggaraan training outbound akhirnya banyak pula yang berperan sebagai penyelenggara training outbound. Perusahaan dengan embel-embel motivator dengan berbagai janji-janji dan koar-koarnya bisa memberikan kualitas terbaik training outbound banyak bermunculan bagai jamur di musim hujan.

Sebagai seorang profesional dengan beberapa usaha yang berhubungan langsung dengan banyak perusahaan, saya banyak mendapatkan cerita tentang training outbound ini. Ternyata banyak juga korban penyelenggara training outbound abal-abal, alias penyelenggara yang asal saja menyelenggarakan training outbound.

Janji-janji penyelenggara training outbound akan memberikan hasil yang maksimal bagi karyawan ternyata hanyalah isapan jempol belaka. Materi training outbound yang monoton, kurang profesionalnya tim trainer outbound adalah masalah klasik yang banyak dihadapi.

Saya punya beberapa tips dalam memilih penyelenggara training outbound bagi perusahaan anda. Tips ini juga saya kumpulkan dari beberapa perusahaan yang saya pegang baik IT (hardware/software) atau jasa konsultan SEO. Ini dia tips tersebut:

Pertama, carilah perusahaan penyelenggara training outbound yang profesional. Ada kantor jelas, nomor telepon, dan yang terpenting di kantor itu ada karyawannya. Jangan mencari penyelenggara training outbound freeland, pasti kacau nanti.

Kedua, pengalaman adalah segalanya dalam menyelenggarakan training outbound. Jadi, pilihlah perusahaan penyelenggara training outbound yang benar-benar berpengalaman. Mintalah referensi penyelenggaraan training outbound pada perusahaan itu. Di mana saja perusahaan mereka pernah menyelenggarakan training outbound. Saya tekankan, harus referensi yang pernah dilakukan sendiri oleh perusahaan itu, bukan training outbound yang pernah diselenggarakan anggota tim di perusahaan lain. Ini penting…!! Kebanyakan banyak yang terjebak di sini.

Ketiga, harus ada sosok tunggal dalam tim itu yang sudah punya pengalaman dan kredibilitas yang bisa dipertanggungjawabkan sebagai penyelenggara training outbound. Misal, dalam perusahaan penyelenggara training outbound itu harus ada seorang trainer yang profesional dan dia memegang kendali penting dalam penyelenggaraan trainng outbound.

Keempat, carilah referensi. Carilah informasi pada perusahaan yang pernah memakai jasa perusahaan penyelenggara training outbound.

Dengan empat langkah ini, saya yakin anda tidak akan terjerumus dan kecewa karena memakai perusahaan penyelenggara training outbound abal-abal. Selalu pasang mata, telinga, dan kumpulkan semua informasi tentang perusahaan yang akan anda pilih. Cara paling cepat silahkan cari di Google.com, ketik aja kata kunci yang berhubungan dengan outbound di Indonesia. Akan bermunculan perusahaan penyelenggara outbound di Indonesia.

Jangan remehkan perusahaan penyelenggara training outbound di Indonesia, bahkan ada seorang teman saya yang ditawari sebagai seorang manager SDM oleh perusahaan asing di Indonesia dengan gaji di atas 25 juta perbulan karena kualitas training outbound yang dia selenggarakan, tapi dia menolaknya. Dahsyat khan…??