Inilah tips aman transaksi di ATM dari DeFelippe seorang pembobol ATM yang telah insyaf dan kini bekerjasama dengan pihak kepolisian mengungkap jaringan pemobol ATM. Tips aman transaksi di ATM ini harus selalu kita terapkan karena ATM kini telah menjadi sasaran pencurian di berbagai negara.

1. Tips aman transaksi di ATM yang pertama anda harus mampu mengenali salah satu ciri sebuah alat skimmer apabila telah ditempelkan di mesin ATM. Ciri tersebut yaitu tidak akan melihat cahaya berpendar LED ketika Anda memasukkan kartu ke mesin ATM. Bisa jadi lampu LED tidak terlihat berpendar karena tertutupi oleh skimmer.

2. Tips aman transaksi di ATM kedua waspadailah kotak brosur yang mungkin menempel/di dekat ATM karena kotak brosur itu bisa jadi berguna untuk menutupi kamera tersembunyi untuk merekam gerakan jemari Anda menekan nomor PIN. Untuk lebih amannya lagi gunakan benda atau tangan kiri anda agar tak terlihat oleh siapapun saat mengetikkan PIN di mesin ATM.

3. Tips aman transaksi di ATM ketiga biasakanlah menggunakan mesin ATM yang terdekat dengan kediaman/kantor Anda sehingga Anda sudah sangat paham bagaimana mengoperasikannya, selain itu akan dengan mudah mengetahui dengan cepat bila ada kejanggalan di tempat ATM.

4. Tips aman transaksi di ATM keempat, hindari bertransaksi di mesin ATM drive-through. ATM drive-through adalah target bagus untuk pencuri identitas karena pengemudi seringkali merasa terburu-buru dengan pengantre lainnya sehingga tidak memberi perhatian lebih.

5. Tips aman transaksi di ATM kelima usahakan bertransaksi di mesin ATM yang mempunyai kemungkinan kecil orang meletakkan alat pendeteksi. ATM teraman adalah yang berada di dalam bank atau toko yang ramai orang-orang.

6. Tips aman transaksi di ATM keenam, waspadalah bila ATM mengaku “rusak/out of order” sehingga uang tak bisa keluar, padahal Anda telah memasukkan kartu dan telah memasukkan PIN. Segera hubungi layanan 24 jam yang biasanya tertera di mesin ATM untuk segera mengambil tindakan.

Semoga tips aman transaksi di ATM ini bermanfaat. Salam.