Tipisnya Perbedaan Kyai dan Dukun, Berhati-hatilah

dosa syirik, jebakan syirik, kyai syirik, amalan kyai, solusi hidup, pertolongan Allah, cara berdoa, berdoa yang benar, bahaya sihir, bahaya santet, ritual aneh, ritual pertolongan, ritual setan

Jul 30

Pengalaman pergi ke orang pintar untuk minta bantuan sering saya lakukan. Apalagi saat kejadian ayah saya kena santet sekitar tahun 93-an. Saat itu sudah puluhan dukun, dukun setengah kyai, kyai setengah dukun, atau kyai beneran yang saya datangi.

Bahkan di tahun 2000an, saya masih beberapa kali pergi ke seorang kyai beneran untuk mengatasi masalah bisnis. Tapi saya sering kecewa karena kebanyakan orang yang disebut ulama/kyai ternyata memberikan solusi yang tidak jauh beda dengan…dukun. Saat pulang saya diberi kembang untuk ditaburkan di tempat usaha, ada yang memberi rajah untuk dipasang di pintu tempat usaha, bahkan ada yang memberi benda-benda bertuah.

Pernah juga suatu ketika di tahun 2000-an, agar usaha saya bisa berjalan lancar, seorang ulama yang saya datangi menganjurkan saya mengadakan ritual yang aneh. Saya harus menyelenggarakan selamatan dengan ayam jantan berwarna hitam dan beberapa syarat lain yang tidak ada tuntunannya dalam Al Qur’an.

Untunglah saat itu saya punya teman kos seorang yang pintar keilmuan agamanya. Saya sering mendapatkan nasehat dari dia, termasuk RESIKO YANG HARUS SAYA HADAPI jika meneruskan kebiasaan saya melakukan ritual dari kyai nggak bener seperti itu. Saya bisa terjebak dalam dosa syirik, sebuah dosa terbesar yang TAK TERMAAFKAN…..Seperti yang tertulis dibawah ini:

Sesungguhnya Allah tidak akan mengampuni dosa syirik, dan Dia mengampuni segala dosa yang selain dari (syirik) itu, bagi siapa yang dikehendaki-Nya. Barangsiapa yang mempersekutukan Allah, maka sungguh ia telah berbuat dosa yang besar. (Ayat 48 Surat An-Nisa’)

Itulah awal mula terbukanya hati saya akan arti kebenaran dalam hidup. Akhirnya, karena alasan itulah saya tidak pernah lagi pergi ke kyai atau ulama untuk sekedar minta solusi permasalahan. Apalagi kyai atau ulama setengah dukun. Saya lebih memilih minta bantuan pada Allah SWT, pencipta sekaligus pemilik dan raja alam raya ini. Cara minta bantuan juga nggak ribet, tinggal berdoa saja dan nggak usah pake amplop… :)

Pesan yang ingin saya sampaikan lewat artikel ini; MINTALAH PERTOLONGAN HANYA PADA ALLAH SWT, jangan sekali-kali menjadikan kyai/dukun sebagai sumber solusi masalah hidup anda. Ingatlah dosa besar yang akan mengancam anda….!

Semoga artikel ini bermanfaat, perlu saya tekankan; TIDAK SEMUA KYAI/ULAMA seperti yang saya ceritakan di atas. Anda bisa ke kyai/ulama untuk minta nasehat dan amalan yang sesuai dengan Al Qur’an dan Hadist. Jika amalan yang diberikan tidak sesuai dengan Al Qur’an dan Hadist, mending langsung ditinggalkan saja, demi keamanan kita di akherat nanti.


Google BookmarksYahoo BookmarksShare/Save

Tags: , , , ,




Leave a Reply