Kisah ini saya kumpulkan dari beberapa orang yang saya kenal, yang kini telah meninggal. Tepatnya, sebuah peristiwa yang terjadi sebelum mereka meninggal. Apa yang mereka alami, bagaimana mereka menyikapi, dan apa yang terjadi…bisa Anda baca sampai selesai dalam kisah yang akan saya ceritakan berikut ini.

Sebagaimana kita ketahui, kapan kita akan meninggal, adalah rahasia Tuhan. Kita tidak akan tahu kapan ajal akan menjemput kita. Tapi, karena Tuhan maha penyayang, pasti akan diberi sebuah kejadian yang seharusnya bisa membuat kita lebih baik dari sebelumnya. Seperti kejadian yang menimpa orang-orang yang saya kenal ini.

Akan tetapi, kejadian yang dimaksudkan Tuhan agar kita lebih baik sebelum meninggal, ternyata ada juga yang diabaikan. Sehingga kerugianlah yang didapatkan. Berikut ini kisahnya;

Diberi penyakit kronis sebagai peringatan sebelum meninggal
Kisah ini menimpa orang yang baru meninggal kemarin. Setahun sebelum beliau meninggal, Tuhan memberikan peringatan dengan diturunkannya sebuah penyakit dalam diri orang tersebut. Rupanya, penyakit yang dideritanya bisa merubah kehidupan religiusnya lebih baik. Ibadahnya semakin baik dari hari kehari, sampai ajal menjemput setahun kemudian. Sungguh beruntung beliau karena dipanggil Allah dalam keadaan jiwa yang bersih.

Hal ini bertolak belakang dengan seorang lagi yang saya ketahui. Karena penyakit yang dideritanya, membuat dirinya semakin jauh dengan Tuhan. Bukan mencari kesembuhan dengan cara yang benar, dia malah mencari kesembuhan dengan cara menyekutukan Tuhan. Pergi ke dukun dan kehidupan religiusnya semakin kacau, hingga akhirnya ajal menjemput dalam keadaan jauh dari Tuhan.

Diberi cobaan rumah tangga dan terusir dari rumah
Kisah ini adalah sebuah kisah yang sangat berkesan bagi saya. Bagaimana tidak, seorang yang sebelumnya sangat jauh dari kehidupan religius, setelah menerima cobaan dari Tuhan, akhirnya menjadi seorang yang sangat alim hingga akhirnya ajal menjemputnya. Kisah ini dimulai saat dirinya ada masalah keluarga. Singkat cerita, dia harus terusir dari rumah dan hidup menumpang di rumah saudaranya.

Di rumah saudaranya inilah kehidupan religius dia dapatkan. Masih ingat betul, pertemuan terakhir dengan saya, membuat mata saya terbelalak. Bagaimana tidak, seorang preman yang saya kenal, ternyata bisa berubah drastis. Penampilannya berubah menjadi alim, dan kehidupannya jadi lebih banyak di tempat ibadah. Hingga akhirnya 3 bulan berselang, terdengar kabar kematiannya. Sungguh beruntung beliau, meninggal dalam keadaan jiwa yang bersih dan sangat dekat dengan Tuhan. Sangat berbeda dengan kehidupan sebelumnya.

Kisah ini bertolak belakang dengan seorang lagi yang saya ketahui. Semenjak ada permasalahan keluarga, dan istrinya meninggal, kehidupannya menjadi semakin kacau. Akibat keterpurukan dan keputusasaan, hampir tiap hari waktunya dihabiskan untuk mabuk-mabukan, dan narkoba. Hingga akhirnya dia meninggal dunia karena overdosis. Sungguh merugi dia, karena meninggal dalam keadaan penuh dosa.

Inilah sepenggal kisah orang-orang yang saya kenal sebelum mereka meninggal. Sebetulnya masih banyak kisah yang lain, tapi 2 kisah ini saja saya yakin sudah bisa diambil hikmahnya. Mungkinkah kejadian itu sebuah kebetulan? Hemm…tahukah Anda, tidak ada yang kebetulan di dunia ini. Sebab sekecil apapun kejadian yang menimpa kita, adalah dari Tuhan, dan sudah diatur oleh Tuhan. Ada tujuan Tuhan dibelakangnya, semua demi kebaikan kita tentunya.

Semoga bermanfaat….. 🙂