Beberapa hari yang lalu saya bertemu dengan seorang kawan yang di PHK oleh perusahaannya. Kini dia bingung karena sudah tidak punya pekerjaan lagi. Memang ada uang pesangon tetapi apakah keluarganya akan terus dinafkahi dengan uang pesangon PHK itu. Pasti sebentar lagi juga akan habis, tahu sendiri khan sekarang kebutuhan juga semakin meningkat.

Kejadian teman saya mengingatkan pada pengalaman sepasang pegawai bank yang kena PHK pada awal krisis moneter di negara kita beberapa tahun yang lalu. Kebetulan pegawai bank itu kenal dengan istri saya (dulu masih jadi pacar saya), jadi saya tahu betul riwayat kehidupan mereka sebelum dan sesudah PHK. Begitu PHK jatuh pada mereka, mereka tidak hanyut pada kesedihan dan kemurungan. Prinsip mereka, anak-anak mereka harus bisa tetap makan. Jika mereka mau berusaha membuka jalan, pasti Allah akan membukakan jalan bagi mereka. Mereka pantang menyerah akibat PHK.

Saat itu mereka membuka usaha berjualan lalapan di pinggir jalan. Sewaktu saya coba, lalapan mereka biasa saja, tidak ada yang istimewa dalam hal rasa. Satu hal yang istimewa di tempat mereka adalah pelayanannya. Pelayanan mereka bersahabat banget, ramah, dan sopan sehingga siapa pun yang membeli merasa sangat dihormati. Maklum sang istri sewaktu bekerja di bank bertugas sebagai customer service jadi terbiasa melayani orang dengan sangat menyenangkan. Satu hal lagi yang tak kalah penting, sang istri cantik banget….! Jadi betah deh anak-anak kos beli makan di situ, hehehe.

Selang beberapa bulan, usaha mereka bertambah besar. Mereka menyewa tempat permanen sampai akhirnya menjadi warung terbesar di sekitar kampus istri saya. Ternyata yang membuat warung ini cepat berkembang adalah konsepnya yang berbeda dengan kebanyakan warung sekitar kampus. Mereka mengusung konsep sebuah warung prasmanan dan bernuansa mewah tetapi harga mahasiswa. Mereka meniru konsep restoran yang biasa mereka kunjungi saat masih menjadi karyawan bank dulu. Menu masakan juga semakin bervariasi, menjadikan para pelanggan betah dan selalu ingin kembali di tempat mereka.

Itulah sepenggal kisah bagaimana seorang yang terkena PHK bisa meraih sukses. Walaupun sebelum kena PHK mereka punya pekerjaan dan jabatan bagus tetapi mereka tidak malu membuka usaha di pinggir jalan. Keyakinan bahwa Allah pasti akan menolong mereka sangat kuat tertanan dalam jiwa mereka sehingga keyakinan itu langsung dijawab Allah dengan menjadikan usaha mereka berkembang dengan pesat. Semoga kisah sepasang suami istri ini bisa menjadi pencerahan bagi teman-teman yang saat ini sedang kena PHK. Akibat krisis global menjadikan banyak PHK di berbagai negara, tak terkecuali negara kita. Jangan menyerah, Allah akan selalu ada menyertai kita saat kita membutuhkan.

Sukses untuk anda…..