Sedekah Ekstrem = Balasan Ekstrem

sedekah, sedekah ekstrem, balasan nyata sedekah, ayat sedekah, seruan sedekah, keutamaan sedekah, pahala sedekah

Aug 23
Nikmatnya Sedekah

Nikmatnya Sedekah

Saat kita melakukan sedekah secara ekstrem maka balasan yang akan kita terima pasti secara ekstrem juga. Bahkan terkadang balasan itu tidak masuk akal datangnya. Kesimpulan saya ini berdasarkan beberapa artikel kisah nyata tentang sedekah di blog saya; sedekah nekat atau  berbagai pengalaman langsung yang saya rasakan.

Sedekah ekstrem adalah sedekah DENGAN HARTA TERBAIK dan dengan keyakinan yang tinggi akan janji yang langsung diberikan Allah dalam Alqur’an. Pelaku sedekah ekstrem sangat yakin berapa pun harta yang dikeluarkan pasti akan dibalas LANGSUNG oleh Allah, sesuai dengan janji Allah di Alqur’an; yaitu kelipatan 10 sampai ratusan kali lipat.

Alquran > Surah Al Baqarah> Ayat 267
Hai orang-orang yang beriman, nafkahkanlah (di jalan Allah) sebagian dari HASIL USAHAMU YANG BAIK-BAIK dan sebagian dari apa yang Kami keluarkan dari bumi untuk kamu. Dan JANGANLAH KAMU MEMILIH YANG BURUK-BURUK lalu kamu nafkahkan dari padanya, padahal kamu sendiri tidak mau mengambilnya melainkan dengan memicingkan mata terhadapnya. Dan ketahuilah, bahwa Allah Maha Kaya lagi Maha Terpuji.

Ayat inilah yang ada hubungannya DENGAN SEDEKAH EKSTREM. Kita disuruh menyedekahkan harta kita yang terbaik. Kemudian kita juga dilarang memberikan sedekah kita dengan harta yang kita anggap remeh atau kita sendiri tidak membutuhkannya. Inilah dasar bagi para pelaku sedekah di artikel yang saya sebutkan di atas.

Allah adalah MAHA MENEPATI JANJI, dan apa yang tertulis di Alqur’an adalah apa yang langsung diserukan Allah kepada umatnya. Adalah sebuah kerugian besar jika kita tidak yakin akan perkataan langsung Allah tersebut. Coba anda baca dan renungkan apa yang langsung diserukan Allah tentang sedekah di bagian bawah ini:

Alquran > Surah Al Baqarah> Ayat 245
Siapakah yang mau memberi pinjaman kepada Allah, pinjaman yang baik (menafkahkan hartanya di jalan Allah), MAKA ALLAH MELIPAT GANDAKAN PEMBAYARAN KEPADANYA DENGAN LIPAT GANDA YANG BANYAK. Dan Allah menyempitkan dan melapangkan (rezeki) dan kepada-Nya-lah kamu dikembalikan.

Dalam ayat ini Allah dengan jelas mengatakan akan melipat gandakan, DENGAN LIPAT GANDA YANG BANYAK bagi siapa saja yang gemar sedekah. Di akhir kalimat ditekankan bahwa hanya Allah-lah yang bisa melapangkan atau menyempitkan rejeki makhluk ciptaanNya.

Alquran > Surah Al Baqarah> Ayat 261
Perumpamaan (nafkah yang dikeluarkan oleh) orang-orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah adalah serupa dengan sebutir benih yang menumbuhkan tujuh bulir, pada tiap-tiap bulir: seratus biji. Allah melipat gandakan (ganjaran) bagi siapa yang Dia kehendaki. Dan Allah Maha Luas (karunia-Nya) lagi Maha Mengetahui.

Dalam ayat ini Allah secara jelas menyebut perhitungan matematis saat kita mengeluarkan hartanya untuk sedekah. Jika menurut perhitungan matematis itu berarti sedekah kita akan dibalas hingga 700 kali lipat! Di akhir ayat Allah menekankan akan membalas sedekah itu bagi siapa yang Dia kehendaki, jadi pasti ada dong yang tidak mendapatkan balasan :) Makanya kita perlu sedekah dengan ikhlas dan yakin akan janji Allah. Jangan setengah-setangah ya….. :)

Alquran > Surah Al Baqarah> Ayat 274
Orang-orang yang menafkahkan hartanya di malam dan di siang hari secara tersembunyi dan terang-terangan, maka mereka mendapat pahala di sisi Tuhannya. Tidak ada kekhawatiran terhadap mereka dan tidak (pula) mereka bersedih hati.

Dalam ayat ini Allah menjanjikan bagi siapa saja yang mau bersedekah, Allah akan memeliharanya dari segala bentuk kekhawatiran dan segala bentuk kesedihan. Anda saat ini sedang punya masalah? Makanya ayo segera bersedekah….. :)

Alquran > Surah An Nisaa’> Ayat 114
Tidak ada kebaikan pada kebanyakan bisikan bisikan mereka, kecuali bisikan-bisikan dari orang yang menyuruh (manusia) memberi sedekah, atau berbuat makruf, atau mengadakan perdamaian di antara manusia. Dan barang siapa yang berbuat demikian karena mencari keridaan Allah, maka kelak Kami memberi kepadanya pahala yang besar.

Nah ayat yang ini adalah untuk saya dan anda yang mau menebarkan semangat sedekah pada orang lain. Allah menjanjikan pahala yang besar bagi siapa yang mau mengajak sedekah orang lain. Makanya, silahkan share-kan artikel ini pada siapa saja deh, bisa di Facebook, Twiter, atau blog anda.

Semoga bisa bermanfaat bagi kita semua. Amiin…..


Google BookmarksYahoo BookmarksShare/Save

Tags: , , , , , ,


Artikel ini ditulis secara eksklusif oleh Eko Yulianto. Hanya untuk kepentingan NON KOMERSIAL, Anda bebas memakai sebagian atau seluruh isi artikel ini dengan mencantumkan nama Eko Yulianto sebagai penulis dan URL/link asli artikelnya.
Silahkan gunakan PETA SITUS untuk melihat arsip artikel lebih lengkap. Terimakasih.


30 Responses to “Sedekah Ekstrem = Balasan Ekstrem”

  1. Tony Says:

    Mantaaap booos….. emang si bos ini selalu bikin artikel yang mantap punya….. :2thumbup :toast

  2. Anita Says:

    Terimakasih share nya pak

  3. Yos Says:

    Bicara sedekah adalah bicara janji Allah. Saya sangat setuju dengan artikel anda mas Eko

  4. Agung Says:

    Mohon ikin share di Fb dan Blog saya pak ….. sangat inspiratif , semoga menjadi penyemangat bagi kita dalam bersedekah ….

    Terimakasih
    Agung

  5. tri yudi Says:

    Saya menemukan web yang memberi banyak ilmu dan inspirasi, saya akan coba untuk mengamalkannya trimakasih pak

  6. Alex Says:

    Sepakat,…… haqul yakin,…. 100%,…. tanpa ragu,….

  7. ernawati savaria Says:

    trima kasih banyak pa sharenya saya sangat setuju dan mendukung penuh tentang sedekah..semoga temen temen tetep semangat dan iklas dalam bersedekah..

  8. dodi Says:

    Saya pernah mengalami keajaiban sedekah sbb :
    waktu itu saya punya hutang yang harus saya bayar Rp 1,2 jt.
    3 hari jelang pembayaran saya baru punya uang Rp 450 rb. Sy pusing gimana dapat uang tambahan.
    Waktu sedang dirumah datang seorang tukang becak yang saya kenal, dia bilang butuh uang Rp 50 rb untuk bayar uang ujian anaknya. jika tidak dibayar anaknya tidak bisa ujian besok pagi.
    Tanpa pikir panjang saya bismillah menyedekahkan uang Rp 50 rb kepadanya.

    Balasan dari Allah datang pada hari itu juga. saya mendapatkan pekerjaan service komputer dengan dana yang besar.
    Akhirnya pada hari H saya dapat membayar hutang saya

    Jangan ragu untuk bersedekah

  9. naswa Says:

    saya pnya pengalaman ,waktu itu sy belum punya apa tapi meskipun begitu saya rajin sedeka hy setiap bulan ramadhan,di th ke 3 pernikahan kami,alhamdullillah kami bisa membangun rumah.dari waktu kewaktu sy menolong seorang anak kira 2 usia 17 th.sy beri makan dan sampai 1 miggu dirumah sy dia gk berani pulang habis dipecat dari kerjaanya sedangkan dia harus menghidupi orang tuanya.akirnya dia sy ushakan bisa bekerja pd sy sy modali usaha jual beli sepatu dg hutang.alhamdulillah dari usaha in sy bsa punya mobil 5.setiap kali habis transaksi 300 rb untuk masjid.usaha in berkembang namun dikala salah seorang ustad menyarankan untuk nabung buat haji,sedekah ini sy kurangi namun ,usaha saya macet sampai sekarang,solat hajat,duha dsb,membaca arahman,yasin ,almulk,waqiah sy baca tiap habis solat malam,bgm solusi untuk masalah saya ini sy tetap bersabar walaupun hutang masi mnumpuk,mobil dirental belum kembali,uang hampir 100jt dihabiskan pegawai saya

  10. Ngadiran Says:

    Mas Eko…, saya baru kehilangan speda motor Mio, yang dipakai anak saya, haruskah saya sedekahkan (ikhlas) kepada malingnya..? agar Allah akan membalas 700 X lipat ??, mohon bantuannya terima kasih, Ngadi

  11. Eko Yulianto Says:

    Klo kehilangan gak bisa seperti itu pak. Kehilangan berarti milik kita diambil lagi oleh Allah. Kita harus mengikhlaskan karena semua yang kita miliki bukanlah milik kita, tetapi milik Allah. Semua kejadian pasti ada hikmahnya pak, semoga anda mendapatkan ganti yang lebih baik. Amiin……

  12. vyant-kaskus Says:

    Salam’alaikum Bapak Naswa,-

    dari cerita panjenengan sungguh mengharukan….

    cobalah lebih banyak membantu keluarga terdekat, terlebih2 membahagiakan kedua ortu. Jika memang beliau-beliau mungkin mendahului kita, perbanyak mengirim al fatihah melalui tawasul kepada Rosululloh saw…..

    Perbanyak juga Sholawat Nariyah, karena amalan ini “rasa”-nya dingin, semoga merohmati “panas”-nya cobaan jenengan….

    ada rahasia dibalik sholawat, yang ALLOH SWT dan para malaikatnya juga bersholawat kepada Nabi Muhammad SAW….

    Sholalloh hu ‘ala Muhammad Sholalloh hu ‘alaihi Wassalam

    Salim wa Salaman

  13. yan Says:

    saya punya pengalaman, waktu itu saya shalat jumat dan saya bersedekah 50 rb, dan sorenya saya dapat uang 50rb didepan rumah saya.yang ingin saya tanyakan uang 50rb yang saya dapat itu apakah halal mas eko?

  14. Eko Yulianto Says:

    seharusnya uang yang ditemukan harus diumumkan dulu siapa pemiliknya, kemudian ditunggu beberapa bulan, baru bisa dipakai. Silahkan cari di Google untuk lebih detailnya… :)

  15. srimurwati Says:

    yth.pak eko kalau sedekah diatas namakan almarhum apa pahalanya diterima almarhum, misal wakaf tanah atas nama orng tua yg sdh meninggal dunia,tk

  16. Eko Yulianto Says:

    Insya Allah bs bu :)

  17. SUDARTA SALMAN Says:

    Subhanallah. Sedekah membuat kita berbagi. Siapapun yang dibagi akan senang. dan sesungguhnya yang lebih senang lagi adalah mereka yang berbagi karena balasannya berupa rahmat dan rahim Allah.

  18. Umar Says:

    Setuju sekali, saya telah buktikan berkali-kali…. terima kasih pencerahannya…

  19. Hamba Allah Says:

    Saya menyaksikan janji Allah pada al-baqarah 245 hanya dlm hitungan jam,tadi siang sewaktu dinas saya melihat pemulung dgn menggandeng 2 anak kecil,dlm hati saya sgt tersentuh,kmudian sang pemulung saya panggil dan saya berikan uang 10.000 kmudian dgn sesegera sang pemulung mndoakan supaya rejeki saya lancar,dan hanya dlm hitungan jam hp saya berdering nada sms dr teman lama saya yang isinya bliau minta nmr rekening bank saya bahwa bliau sudah punya rejeki dan berniat untuk membayar hutang bliau dulu kala,yang sebenarnya saya pun sudah lama mengiklaskanya, bahkan sudah terlupakan dlm ingatan saya.Subhanallaah jika d kalkulasikan,uang yang d kirim ke rekening bank saya jumlahnya puluhan kali lipat d banding sedekah yang saya berikan pada sang pemulung,padahal saat ini tanggal tua,dan saya memang membutuhkan uang sejumlah itu…seketika itu badan saya merinding,betapa benar janji Allah dlm firmanNya al-baqarah 245

  20. aris Says:

    artikel menarik. mohon doakan semoga saya bisa praktekkan dan usaha lancar, sukses,makmur.tks pak eko

  21. Yuli rais Says:

    Yakin,……
    Maha Benar Alloh dng segala firma Nya

  22. Hadari, S. Pd. I Says:

    Subhanallah, terima kasih atas nasihat2nya mas ketika membaca artikel ini akan semakin meyakinkan saya akan keajaiban sedekah tsb, selama ini sy melakukan usaha hanya berpikir bagaimana bisa dapat omset yg besar, tapi sy lupa akan matematika nya sedekah, terima kasih ya mas

  23. Sujatmiko Says:

    Apa yang bapak ungkapkan di sini, benar dan sangat benar sekali. Ini merupakan pengalaman saya sendiri. Alhamdulillah sekarang ini saya sangat yakin akan janji Allah dan semua janji Allah kepada umat manusia. Yang diperlukan hanya yakin. Saya selalu berusaha untuk bersedekah (SEDEKAH EXTREM), kenapa saya bilang sedekah extrem, karena jumlahnya yang besar untuk seukuran kantong saya saya sebutlah sekitar 50rb perminggu. Ini saya usahakan walaupun uang yang ada hanya tinggal 50rb saja. Itu semua saya niatkan dengan baik. Alhamdulillah balasannya sangat , sangat, sangaaat selalu luarbiasa. Kalaupun sedikit saya yakin balasan yang akan saya di dapat di akherat sangat lebih besar dari apa yang saya dapatkan di dunia. Balasan yang biasa saya dapatkan 1 banding 10 bahkan terkadang lebih. Dan lagi saya selalu usahakan untuk sholat wajib di mesjid. Dan ketika sujud terakhir saya selalu bermohon kepada Allah supaya dimudahkan dalam rezeki. Inilah sedikit sharing pengalaman yang bisa saya bagikan bersama. Salam..

  24. mama danan n yusuf Says:

    ?????????? ?????????? ?????????? ????? ?????????????
    Pak eko, saat ??? sy sedang ??? permasalahan terkait anak sy.
    [d??i??] usia ??ª ?ª?? hampir 3 thn, dia belum bisa berbicara ?ë???? lancar
    Sudah sy bawa ?? klinik tumbuh kembang, di diagnosis mengalami keterlamabatan perkembangan global ( ?????????????????? ????? ????????????? bukan autisme)
    Sehubungan ?ë???? hal itu saya niatkan ??†??? semakin rajin beribadah dan tentu ??ª ?ü?? bersedekah demi kesembuhan anak saya
    Namun kadang sy merasa hampir putus asa karena kemajuan anak sy terasa sangat l
    ambat
    Sy coba ??†??? terus bersbar, berdoa n berusaha ?åþî kadang rasa itu tetap muncul
    ??? ?ª?? harus sy lakukan pak?
    ??????????????????????????????????o????????

  25. emil yuda Says:

    setiap sedekah qta berniat bsa kan pak?

  26. Maskur Says:

    Terimakasih wejengannya Pak, mohon doanya semoga saya bisa melakukan

  27. Haris Says:

    Om eko, tanya dong. Apakah bersedekah harus dgn uang? Bagaimana bila seseoran ingin sekali bersedekah, namun dia sendiri blm mampu untuk bersedekah? (misal, orang gk punya) terimakasih.

  28. Suprapto Says:

    Aamiin yaa Robbal ‘alamiin

  29. Eko Yulianto Says:

    Bersedekah bisa dengan tenaga, fikiran, dan bahkan senyum juga sedekah :)

  30. pak nur Says:

    Tanpa ada maksud menyurutkan niat sedekah anda sekalian, tetapi balasan sedekah yang spontan itu tidak semua individu berlaku sama, seperti orang makan cabe begitu dimakan langsung pedas, balasan sedekah itu mutlak dan pasti tetapi itu adalah hak Alloh artinya tidak bisa kita atur atur kapan waktunya, tidak sedikit yang sudah banyak bersedekah malah diuji dengan banyak hutang dulu, saya khawatir kalau kurang sabar hal ini malah banyak menjadikan kufur, menurut saya anggaplah sedekah itu seperti air mandi, semakin banyak semakin bersih dan semakin segar, tanpa berharap air itu kembali tetapi bersih dan segar pasti kita dapat, tapi ingat airnya harus air yg bersih (harta halal), semoga bermanfaat.

Leave a Reply