Beberapa waktu yang lalu saya pernah mengalami hal ini. Kartu ATM BCA saya tidak bisa keluar dari mesin ATM, istilah umumnya kartu ATM tertelan. Bingung dan panik bercampur jadi satu karena saya membutuhkan uang tunai saat itu juga. Akhirnya setelah saya telepon di kantor BCA Malang saya disarankan mengambil pada siang harinya dengan membawa buku tabungan BCA saya. Untung kejadian itu tidak terjadi pada pagi hari dan bukan hari Sabtu atau Minggu, jadi saya bisa langsung mengambil kartu ATM pada siang harinya.

Dilain pihak, beberapa hari kemudian saya juga bertemu sepasang suami istri yang mengalami permasalahan seperti saya. Kebetulan mereka berada di Malang untuk keperluan bisnis, saat itu mereka akan mengambil uang untuk kebutuhan selama mereka berada di Malang. Mereka sangat panik waktu itu karena kartu ATM yang tertelan adalah kartu ATM mereka yang isinya paling banyak. Sedangkan mereka tidak membawa uang tunai yang cukup selama berada di Malang. Kepanikan mereka semakin bertambah saat menyadari buku tabungan mereka juga tertinggal di Jakarta. Padahal untuk mengambil kartu ATM mereka yang tertelan diharuskan menunjukkan buku tabungan di bank bersangkutan.

Kisah suami istri di atas merupakan pelajaran berharga bagi saya dan semoga bagi anda semua. Selama ini saat saya pergi ke luar kota untuk keperluan bisnis, saya tidak pernah membawa buku tabungan saya. Belum pernah terlintas dalam benak saya seandainya kejadian seperti suami istri tadi menimpa saya. Saya tidak bisa membayangkan seandainya hal itu terjadi karena selama ini saya lebih suka membawa uang tunai secukupnya saat bepergian. Saya hanya mengandalkan kartu ATM BCA saya karena saat membutuhkan uang tunai saya hanya mencari ATM BCA yang letaknya ada di mana-mana.

Tips dari saya, selalu bawalah buku tabungan anda saat anda bepergian jauh. Usahakan membawa uang tunai yang cukup untuk jaga-jaga seandainya kejadian di atas terjadi setiap saat. Bisa juga memiliki beberapa kartu ATM dengan jumlah yang merata. Seandainya salah satu kartu tertelan kita tetap punya cadangan kartu lain. Demikian tips dari saya, semoga bermanfaat. Salam…..