Hari ini, salah satu akun Paypal saya terkena limitasi atau pembatasan karena ada transaksi yang dianggap mencurigakan. Biasanya limitasi atau pembatasan diberlakukan Paypal karena ada indikasi akun kita dibuka orang lain, ada transaksi ilegal, atau jumlah penerimaan pembayaran yang terlalu besar.

Bagi sebagian orang, penghentian sementara akun Paypal dianggap mengganggu tapi sebenarnya hal ini untuk memberikan keamanan yang maksimal bagi pengguna Paypal. Anggapan bahwa hal ini sangat mengganggu karena saat akun kita dibatasi, kita tidak bisa melakukan/menerima pembayaran dan penarikan tunai.

Untuk bisa memakai kembali secara normal, kita diharuskan melakukan langkah-langkah yang ditentukan Paypal. Diantaranya disuruh melakukan beberapa konfirmasi sampai harus mengirimkan scan KTP/SIM atau slip tagihan kartu kredit kita. Tujuannya untuk memastikan bahwa pemilik akun bisa dipertanggung jawabkan, dalam arti tempat tinggal dan data-data yang diberikan saat proses pendaftaran dan verifikasi adalah benar adanya.

Bagi anda yang baru menggunakan Paypal, anda harus siap saat menghadapi situasi seperti ini. Berikut ini saya berikan tips untuk menghadapi pemblokiran sementara:

  1. Usahakan menggunakan kartu kredit saat verifikasi, karena dalam beberapa kasus anda diminta pula scan tagihan kartu kredit anda.
  2. Kalaupun menggunakan VCC pastikan dahulu pada penjualnya akan bersedia membantu saat anda menghadapi permasalahan seperti ini.
  3. Kalau verifikasi menggunakan bank lokal, pastikan nama yang dipakai memiliki tagihan telepon/listrik/PDAM dengan nama itu. Jadi jika anda masih numpang orang tua, mending pake nama orang tua aja karena saat terjadi blokir sementara biasanya Paypal meminta bukti pembayaran telepon/listrik/PDAM sebagai penegas bahwa alamatΒ  itu adalah alamat rumah milik anda sendiri.
  4. Jangan hanya punya satu rekening Paypal. Karena saat 1 akun anda diblokir sementara anda masih bisa memakai akun yang lain untuk menerima atau melakukan pembayaran.
  5. Pelajari dengan teliti perjanjian yang ada di website Paypal agar anda tidak sampai mengalami kejadian pemblokiran sementara.

Demikian tips dari saya, semoga bermanfaat. Sukses untuk anda…..