Bagi seorang pebisnis, daya juang dan semangat pantang menyerah merupakan syarat mutlak untuk bisa bertahan dari gempuran persaingan dan pasang surutnya usaha. Tanpa daya juang dan semangat pantang menyerah, kesuksesan yang diinginkan dalam bidang bisnis pasti akan sulit didapatkan.

Semangat juang bisa diperoleh dengan berbagai cara, lewat olah raga salah satunya. Saya punya teman yang mempunyai mental bagus dalam hal bisnis. Menurut saya, dia mempunyai daya juang ekstra dibanding pebisnis pemula lainnya. Jatuh bangun adalah hal biasa bagi dia. Bukan hanya jatuh bangunnya yang saya soroti tapi semangat juang dia untuk selalu menjadi pemenang dalam segala hal. Prinsip dia, untuk menjadi pemenang dalam segala hal, kita harus bisa mengalahkan diri sendiri dulu. Setelah saya bertanya bagaimana dia bisa mempunyai daya juang ekstra seperti saat ini ternyata jawabannya terletak pada beladiri yang dia ikuti sejak SMA sampai sekarang.

Dia aktif di beladiri bernama PORBIKAWA (Persatuan Olah Raga Beladiri Ishikawa Karate-do). Olah raga ini adalah perpaduan dari beladiri Karate, Judo, Jiujitsu, Silat Tiongkok, dan Pencak Silat. Inti dari beladiri ini adalah Liberal Rational (berfikiran bebas untuk bisa mengalahkan lawan). Cara berkelahi beladiri ini adalah bagaimana dengan gerakan seminim mungkin kita langsung bisa mengalahkan dengan telak seorang lawan. Intinya, setiap anggota PORBIKAWA terbiasa bagaimana dengan langkah praktis dan tenaga yang sedikit bisa memberikan serangan mematikan bagi lawan. Rupanya mental dan jiwa PORBIKAWA inilah yang menjadikan dia sebagai seorang petarung sejati di dunia bisnis.

Anda ingin mendapatkan tambahan daya juang dalam berbisnis? Aktiflah pada kegiatan apa pun yang bisa memacu daya juang anda. Olah raga beladiri, olah raga golf, atau apa pun yang anda suka. Niscaya jiwa dan semangat juang anda akan terdongkrak pula seperti teman saya yang aktif di PORBIKAWA.

Sukses untuk anda…..