Tidak bisa dipungkiri, saat kita berinteraksi dengan orang lain, pasti akan memperhatikan penampilan. Lewat penampilan, kita akan tahu karakter, sifat, dan bahkan kekayaan seseorang. Walaupun untuk beberapa kondisi penampilan tidak mewakili hal tersebut. Tapi untuk urusan bisnis, ini mutlak lho…..

Saya masih ingat ungkapan dosen saya saat masih kuliah dulu. Dia menceritakan baru saja ditawari sebuah investasi bisnis oleh seorang kenalan. Kenalan itu menceritakan telah mendapatkan ratusan juta dari bisnis tersebut. Sebenarnya dosen saya tertarik, tapi saat berkunjung ke rumah kenalannya, dia mengurungkan niatnya. Mengapa? Ini semua karena postur/penampilan kenalannya yang tidak sesuai.

Jika seorang yang telah mendapatkan hasil puluhan hingga ratusan juta, tetapi rumah masih menempati rumah mertua dan mobilnya adalah mobil butut siapa yang mau percaya? Saat berkunjung ke rumah kenalannya, dosen saya juga tidak melihat sebuah keluarga dengan penampilan ekonomi yang cukup, seperti yang diungkapkan.

Cerita diatas hanyalah sebuah contoh betapa penampilan itu patut dijaga untuk menumbuhkan kepercayaan target bisnis kita. Dan penampilan ini seperti yang dilakukan oleh beberapa orang yang saya kenal, diantaranya;

  1. Seorang leader MLM kenalan saya langsung mengambil kredit mobil saat bonusnya cukup untuk membayar cicilan mobil tiap bulan. Tujuannya agar penampilan dia lebih meyakinkan dihadapan para downline-nya dan orang-orang yang menjadi target bisnisnya.
  2. Seorang kenalan saya yang lain harus membeli BB untuk menjaga penampilannya agar kelihatan meyakinkan dihadapan klien-kliennya.
  3. Saya pernah mendapat cerita dari seorang pengusaha sukses, dia bisa mendapat proyek besar karena meminjam mobil mewah di rental saat melakukan pertemuan dengan calon investor.

Semua hal diatas sah-sah saja dilakukan asal dengan tujuan yang jelas, bukan untuk tujuan pamer semata. Semoga tips ini bermanfaat, sukses untuk anda…..