Motivasi diri berhubungan dengan cara pandang terhadap diri kita dan dunia tempat kita berpijak. Bila anda memandang diri anda kecil, maka dunia akan tampak sempit, dan tindakan anda pun akan menjadi kerdil. Motivasi diri anda akan kecil jika menganggap semuanya kecil.

Sebaliknya motivasi diri akan menjadi besar jika memandang diri kita besar. Dengan motivasi diri yang besar, menjadikan kita dengan mudah menemukan berbagai peluang dan meraih kesuksesan yang kita inginkan.
Motivasi diri berhubungan dengan tindakan. Tindakan adalah cermin bagaimana anda melihat dunia. Sementara dunia anda tak lebih luas dari pikiran anda tentang diri anda sendiri. Agar kita bisa melihat dunia lebih indah dan bertindak selaras dengan kebaikan-kebaikan yang ada dalam pikiran kita, kita harus berprasangka positif pada diri sendiri.

Motivasi diri untuk memandang segalanya positif bagi diri kita adalah hal pokok yang harus selalu ditamankan.
Tahukah anda, dalam konteks motivasi diri ini, sebenarnya dunia dan lingkungan sekitar anda hanyalah memantulkan apa yang anda lihat. Dunia dan likungan sekitar hanyalah menggemakan apa yang kita dengar. Suara dan bayangan itu berasal dari diri kita sendiri. Jadi, jika kita takut menghadapi dunia, sesungguhnya kita takut menghadapi diri kita sendiri. Itulah sebenarnya inti dari motivasi diri.

Semoga bermanfaat. Sukses untuk anda…..