Koneksi sangat diperlukan dalam dunia bisnis agar kelancaran usaha kita dapat terbantu. Dengan mempunyai banyak koneksi atau relasi tentu akan memudahkan produk atau jasa yang ingin kita tawarkan. Bukan hanya itu, dengan koneksi yang luas bahkan peluang bisnis baru akan bisa dengan mudah terbuka.

Dalam agama Islam diungkapkan juga bahwa silaturahmi bisa membuka pintu rejeki. Dengan semakin banyak koneksi dan teman yang anda kenal dan temui, maka akan banyak pula peluang bisnis yang dapat anda temukan.

Saya beberapa kali mempelajari teman-teman saya yang mempunyai banyak proyek di beberapa perusahaan besar. Kesimpulan akhir dari semuanya, kenapa dia bisa mempunyai banyak proyek adalah karena dia mempunyai kenalan/ koneksi dengan orang berpengaruh di beberapa lembaga/ perusahaan yang dia pegang. Dengan kata lain, dia bisa memegang proyek sebuah lembaga karena ada hubungan dengan orang dalam. Jangan diartikan ini sebagai KKN. Kita harus bisa membedakan KKN dengan kiat memuluskan jalan.

Saya sendiri sangat sering membuktikan. Proposal pengajuan kerjasama yang saya tawarkan pada beberapa perusahaan akan sangat cepat disetujui jika kita mendapatkan koneksi dan referensi orang dalam. Apalagi orang dalam tersebut mempunyai pengaruh penting bagi pimpinan. Bahkan dalam beberapa kasus, malah tidak memerlukan proposal dan syarat yang bertele-tele. Karena kepercayaan akan dapat tumbuh dengan kita berada di belakang orang yang dipercaya pimpinan tersebut. Tapi, anda harus hati-hati jika berurusan dengan lembaga pemerintahan. Kenapa? karena budaya KKN belum bisa hilang sampai sekarang.

Sukses untuk anda…..