Alhamdulillah tahun ini saya mendapat jatah daging kurban lumayan banyak. Daging dari perumahan, dikasih teman, sampai dikasih seorang klien yang baru pesan website beberapa waktu yang lalu. Ditengah kebingungan mau dimasak apa, akhirnya terbersit pikiran untuk membuatnya menjadi bakso (untuk daging sapi). Beberapa menit istri saya sibuk browsing di internet mencari resep membuat bakso yang enak dan mudah. Semua persiapan kami lakukan sejak pagi, karena saya harus menemui klien jam 10.

Sesuai instruksi website yang menyediakan informasi pembuatan bakso sapi, kami mempersiapkan berbagai bumbu, es batu, dan beberapa peralatan lain. Semula untuk menghaluskan daging sapi kami berencana menggunakan blender, tapi kok sepertinya sulit dan memakan waktu lama. Sesuai informasi tetangga, akhirnya saya berinisiatif untuk membawanya ke pasar, saya gilingkan di tempat penggilingan daging.

Nah, ditempat penggilingan daging inilah saya baru tahu. Ternyata untuk menggiling daging sapi yang akan dijadikan bakso, mereka sudah menyiapkan segalanya. Es batu, garam kerikil, tepung kanji, termasuk bumbu-bumbunya bisa saya dapatkan ditempat penggilingan itu. Intinya, saya hanya tinggal membawa daging ke tempat itu, pulangnya daging langsung tinggal direbus bentuk bulat-bulat… jadi deh baksonya.

Biaya untuk penggilingannya sebesar 3 ribu, beli tepung kanjinya seribu rupiah. Jadi total biaya yang harus saya keluarkan untuk merubah daging sapi menjadi bahan bakso hanya sebesar 4 ribu rupiah saja. Semua proses yang diperlukan hanya membutuhkan waktu sekitar 10 menit. Wow… ternyata segampang itu membuat bakso, kenapa nggak tahu dari dulu ya?

Setelah tahu cara pintas membuat bakso sesederhana itu dan semurah itu, kami jadi ketagihan membuat bakso sendiri. Cukup sediakan 4 ribu dan daging sapi, kami bisa makan bakso buatan sendiri yang aman dari penyedap rasa dan zat-zat berbahaya.

Hikmah dari cerita saya diatas adalah, awalnya saya menganggap membuat bakso itu susah. Tetapi setelah tahu caranya, kini saya bisa bilang bahwa membuat bakso itu gampang. Intinya, kemudahan akan didapat jika kita TAHU CARANYA untuk mendapatkan kemudahan itu. Tak terkecuali untuk meraih kesuksesan dalam bisnis…

Semoga bermanfaat. Selamat pagi, selamat berkarya, SUKSES UNTUK ANDA…..