Kebohongan Besar Purdi E Chandra

purdi e chandra, menjadi pengusaha, pengusaha tanpa modal, modal dengkul

Jun 02

Purdi E Chandra adalah sosok yang tidak bisa lepas dari istilah bisnis cara gila. Dengan strategi yang dipaparkan Purdi E Chandra di setiap seminar atau bukunya, selalu mengulas bahwa kita bisa dengan mudah membangun bisnis tanpa modal uang sepersen pun. Benarkah demikian?

Pada kenyataannya, apa yang dilontarkan Purdi E Chandra tentang modal dengkul, tidak semudah apa yang kita terima dan kita bayangkan. Perlu perjuangan 2 kali lebih keras dan 2 kali lebih tekun jika kita melakukan cara modal dengkul ala Purdi E Chandra. Banyak yang sukses menerapkan cara Purdi E Chandra, dan juga tidak kalah banyak yang gagal menerapkan cara ini.

Dalam hidup, kita selalu dihadapkan pada dua pilihan. Gagal atau berhasil adalah pilihan yang selalu kita temui, tak terkecuali dalam bisnis. Begitu pula bagi orang-orang yang menerapkan cara modal dengkul ala Purdi E Chandra. Ada yang sukses sebagai pengusaha sukses modal dengkul dan bahkan ada pula yang terjerumus bahkan hutangnya menumpuk setelah menerapkan cara Purdi E Chandra ini.

Mengambil istilah bebek dan elang, strategi Purdi E Chandra adalah strategi untuk para elang. Strategi Purdi E Chandra adalah strategi bagaimana caranya bisa terbang tinggi dengan sayap dan tubuh yang dipunya oleh elang. Strategi Purdi E Chandra bukan untuk para bebek, karena bebek tidak bisa terbang khan. :)

Sampai kiamat pun si bebek tidak akan bisa sukses menerapkan cara elang terbang tinggi di langit :) Inilah yang terjadi pada mereka yang gagal menerapkan strategi Purdi E Chandra. Jika ada yang gagal menerapkan strategi Purdi E Chandra, sebenarnya bukan salah strategi modal dengkul Purdi E Chandra, tetapi salah kita sendiri yang tidak bisa mengetahui kita ini seekor elang apa bukan.

Jika kita seekor bebek, pasti akan berputus asa saat belajar terbang. Jelas dong karena bebek tidak akan mungkin bisa terbang. Tapi jika kita seekor elang, pasti tidak akan pernah berputus asa saat belajar terbang, walaupun harus melalui beberapa kali jatuh. Karena kodrat seekor elang harus bisa terbang, jadi akan berusaha sekuat tenaga untuk bisa terbang.

Itulah gambaran bebek dan elang, silahkan pilih anda termasuk yang mana. Orang yang mudah menyerah dan menyalahkan orang lain saat gagal (bebek) atau orang yang selalu berusaha dan belajar dengan keras dan pantang menyerah walau gagal berkali-kali dalam bisnis (elang).

Terlepas dari istilah bebek atau elang, kita adalah manusia. Manusia adalah makhluk yang diberi kuasa oleh Allah untuk memilih mau jadi apa diri kita. Kita bisa menjadi elang atau bebek, tergantung keinginan dan usaha yang kita lakukan. Jika ingin menjadi elang maka kita harus merubah sayap dan tubuh kita agar bisa terbang. Caranya menanamkan jiwa dan semangat wirausaha dalam diri kita, terus belajar, berusaha, dan pantang menyerah saat gagal dalam bisnis, adalah usaha yang bisa kita lakukan untuk berubah menjadi elang. Setelah melalui cara ini (menjadi elang), silahkan menerapkan strategi Purdi E Chandra. Insya Allah anda bisa sukses sebagai pengusaha modal dengkul ala Purdi E Chandra. :)

Berdasarkan pemaparan saya di artikel ini, bisa kita tarik kesimpulan bahwa yang mengatakan Purdi E Chandra pembohong besar adalah para bebek. Para bebek yang tidak bisa terbang tapi mempelajari dan menerapkan bagaimana caranya elang terbang tinggi dan mencari mangsa dari langit. Orang-orang yang tidak punya persiapan mental saat gagal, sehingga saat kegagalan bisnis menghampiri, Purdi E Chandra yang disalahkan. Lebih parah lagi orang-orang yang belum pernah mencoba, tapi langsung memvonis bahwa bisnis modal dengkul tidak akan sukses dilakukan…CAPEK DEEEHHH…!!!

Semoga bermanfaat, sukses untuk anda…..

Baca juga: Purdi E Chandra Pailit


Google BookmarksYahoo BookmarksShare/Save

Tags: , , ,


Artikel ini ditulis secara eksklusif oleh Eko Yulianto. Hanya untuk kepentingan NON KOMERSIAL, Anda bebas memakai sebagian atau seluruh isi artikel ini dengan mencantumkan nama Eko Yulianto sebagai penulis dan URL/link asli artikelnya.
Silahkan gunakan PETA SITUS untuk melihat arsip artikel lebih lengkap. Terimakasih.


103 Responses to “Kebohongan Besar Purdi E Chandra”

  1. ada akbar? Says:

    kesian banged. .orang yang bisanya meramal tampa mencoba .. memang maw nerusin mama loren ya ?
    semua harus action untuk mendapatkan jawaban . bukan meramal. .

  2. ning makassar Says:

    sebenarnya kita semua sesuai grand design dari Gusti Allah itu ELANG. Hanya karena juga diciptakan makhluk yang namanya BEBEK, sang Elang ngrumpinya sama BEBEK BEBEK……jadi lupa terbang dengan 1001 alasan. Pak Purdi hanya menyadarkan para Elang tentang jatidirinya tapi kebanyakan belajar terbang seperti Elang tapi dengan cara Bebek……ya tetep ndlosor…..kwkwkwkwkwkwk.

    Saya sih mau terbang seperti Elang……kalau cape baru makan BEBEK GORENG.

  3. Bagus B Says:

    Trims mas.. ulasan yang bermutu

    salam
    bagus budi c

  4. ADAbisnis.com Says:

    Negative Title… he3… membuat saya ke sini juga akhirnya…
    betul pak… dirubah dulu mindsetnya.. baru deh bs ikut caranya sang master.

  5. haerulsohib Says:

    Bebek goreng?, wah asik tuh jadi lapar nih, hehehe…oke, mari kita menjadi elang tapi tidak dengan sehari, tentu butuh waktu yang maksimal, smoga..Amin

  6. Diexs Says:

    Terlalu idealis, kalo aku merasa bebek aku ga akan putus asa karena pada dasarnya aku bukan elang tapi aku akan belajar terbang sebagai bebek yang unggul dari bebek yang lain. lenapa kita harus menjadi yang bukan kita, tapi kita harus meksimal akan diri kita. itu pak ketua………

  7. Wahyunansyah Says:

    pemilihan judul yang sangat cerdik..wkwkw
    dari awal saya enggak yakin tulisan ini akan memojokkan Purdi E Chandra.
    sebab sudah banyak yang terbukti…memperoleh manfaat dari sedekah ilmunya
    ok salut buat tulisannya
    salam sukses buat kita semua…
    Tetap Semangat dan terus bersyukur !!

  8. Mus-Aceh Says:

    Betul sekali!!
    Orang yang berhasil adalah orang yang seringkali gagal karena keseringan mencoba, hingga akhirnya berhasil. Sedangkan orang yang gagal adalah orang yang tidak pernah gagal karena tidak pernah mencoba (sebelum mencoba, sudah berfikir gagal) atau mencoba 1-2 kali terus gagal dan tak pernah mencoba lagi.

    Trims. :)

  9. humser Says:

    Tak pikir temen tha iki…
    Hahaha…
    Tiwas!!! Aku soalnya pernah jadi pembicara di seminar beliau.. Dan berhasil, lumayan dapet 2 jt buat beli bebek goreng.. Hehehe…

    Salam

  10. Tas Batam Murah Says:

    Uh, kadang untuk membuat sesuatu menarik, disuguhkan judul yang begitu Wow. Sehingga membuat orang tertarik untuk membacanya…
    Sukses Bung. Kayaknya pake jurus Pak Purdi juga, nihh. BONOL = Berani Optimis Nama Orang Lain, xixixi… khan judulnya pake nama Pak Purdi….

  11. ajeng Says:

    Cari sensasi aja..
    Dibayar berapa pak? sama Purdi!

  12. muhammad Says:

    Ini judul otak kanan..kata EU (orangnya pengusaha modal dengkul) padahal dengkul pun bisa dijual jadi duit.itu maksudnya khan?

    Mungkin saya bisa memberikan penjabaran agar semuanya clear.
    Semua yang dikatakan Purdi ada benarnya juga salahnya. Benarnya adalah kita harus mempunyai mindset dan semangat pengusaha untuk menjadi pengusaha dan sebaliknya kita harus mempunyai mindset dan semangat karyawan untuk menjadi karyawan. Sah-sah saja seseorang untuk menjadi pengusaha namun harus dengan perhitungan bukan dengan DENGKUL!

    Hutang boleh asal CERDAS bukan KEPEPET !
    BODOLIN orang boleh asal memang BUTUH !
    Modal nekat boleh asal JANGAN NGAWUR !
    Sedekah boleh asal tahu siapa yang harus diberi sedekah !

    Yang menjadi permasalahan adalah bahwa anggota EU dan kawan-kawan menerima begitu saja saran, masukan dan ajaran dari PENGUSAHA GILA untuk berbisnis. Tapi hasilnya NOL ! KAlau semuanya begitu mudahnya Indonesia makmur tidak perlu hutang, PAk Purdi jadi mentri keuangan saja jangan SRI MULYANI..betul?

    Contolah pengusaha sukses atau terkaya di Indonesia, bacalah biografinya atau kisah suksesnya tidak ada satupun yang mereka lupakan namanya OTAK WARAS !
    1. Mereka butuh pengalaman bukan mentoring singkat
    2. Mereka butuh perjuangan bukan asal2n
    3. Mereka butuh koneksi bukan asal buka bisnis
    4. Mereka butuh pertimbangan yang masak bukan asal jalan atau tembak.

    Bayangkan saja belum kenal, belum PDKT belum apa2 asal ACTION. itu namanya B****H! Saya lebih cenderung lebih suka kepada CIPUTRA yang mengutamakan pendidikan, kecerdasa, relationship dan Pengalaman daripada sekedar teori yang singkat dan GILA.

    Melihat dari Pepatah lama yang menurut saya masih berlaku dan Anda setuju adalah : “Jika ingin sukses belajalah dengan orang yang sudah sukses, jika ingin lebih kaya belajarlah kepada orang yang lebih kaya !”

    Belajarlah minimal kepada orang yang bernpengalaman dan jujur dalam berbisnis. OTAK KIRI DAN KANAN butuh untuk keseimbangan logika dan matematis. Baca BUKU P.S LIEM. Seminar pengusaha itu penting namun tidak semuanya sesuai dengan kondisi. Kalau semua jadi pengusaha siapa kayawannya? Orang luar negeri? Ngawur! Itu sebatas guyonan motivasi saja..seratus tahunpun tidak mungkin terjadi. Terbukti Negara terkuat Americapun tidk semua menjadi pengusaha.

    Akhir kata belajar menjadi DEWASA dan BIJAKSANA, memilih mana yang terbaik. Saya suka buku DONALD TRUMP dan ROBERT T KIYOSAKI yang memberikan gambaran kepada Anda bagaimana orang kaya menjadi lebih kaya !

    Semoga Anda menjadi KAYA ! Meskipun sebagai pengusaha kecil atau karyawan atau investor pemula..

    Tetap semangat, jangan berkecil hati..”ketika jatuh, hanya butuh 1 kali untuk bangkit!” SEMANGAT !

  13. muhammad Says:

    Saya adalah siswa EU, tetapi sy sukses tidak menerapkan cara EU malah sy menerapkan seminar2 yang dijarkan plus sekolah pendidikan formal. Sy tidak menyoroti materi Pak Purdi. Materinya bagus hanya saja perlu kajian dan pertimbangan kondisi bagi yang ingin mempraktekannya.

    Untuk Koreksi seandaninya Anda sukses mulai 5 SD dengan cara bisnis Anda, tentu saja pada saat itu Anda belum kenal P.Purdi kan? Nah itu dia…

    Hai saudara SeIndonesia..bisnis tidak hanya dengan stategi jitu dan trik yang benar tetapi juga perlu (SEKALI LAGI) pertimbangan yang matang. Tidak hanya sekedar PRAKTEK NEKAT saja tetapi harus dengan pemikiran yang matang.

    Contoh Kasus, kalau boleh survay anggota EU yang ikut seminar Purdi, banyak yang gagal :
    1. Belum punya pengalaman hutang, sekali hutang malah salah strategi GAGAL TOTAL
    2. Banyak tanggungan beban keluarga, gaji sudah Ok, berbisnis malah BANGKRUT
    3. Belum punya koneksi berbisins malah bingung sendiri
    4. Sebelumnya makan 3X sehari sekrang 1x sehari itupun warteg.

    Jujurlah pada diri sendiri, jangan cari untung dan obral motivasi untuk membuat orang berbisnis. Saya lebih suka AA Gym berbisnis dengan hati bukan dengan GILA..mengertilah kita masyarakat Muslim Religi dengan patokan agama untuk berbisnis. Buka trend yang tidak jelas.

    Tidak ada unsur menyudutkan hanya saja memberikan saran untuk lebih BIJAKSANA dalam mengambil KEPUTUSAN.

    Sukses untuk Anda dan P.Purdi, Saya suka Anda dan terlebih cinta masyarakat Indonesia.

  14. MOHAN BLOG Says:

    Bagi saya segala sesuatu ada sisi baik dan buruknya, dan semuanya tergantung dari sisi mana kita memandangnya.

    Sama dengan ilmunya Mentor Gila Purdi, mungkin klo di survey banyak anak2 EU yang gagal, tapi tidak sedikit juga yang BERHASIL.

    Mungkin bagi Teman2 yg belum berhasil saran terbaik adalah cobalah untuk selalu berfikir positif, tetaplah bergaul dengan komunitas EU dan jangan pernah minder sama teman2 yg sudah berhasil lebih dahulu. Dan jangan pernah putus asa, jangan pernah berhenti untuk BERDOA, karena meski terkadang menurut nalar kita itu adalah hal yang impossible namun tidak ada yg tidak mungkin bagi SANG PENCIPTA. Inilah yang dinamakan dengan belajar bisnis dengan otak kanan sesuai ajaran EU.

    Intinya saya salut dengan Mbah Purdi yang mampu menciptakan banyak pengusaha2 baru untuk negeri tercinta kita Indonesia. trims atas artikelnya Pak Eko dengan judul yang sangat powerfull dan salam sukses untuk semuanya…..

  15. Eko Yulianto Says:

    @Mohan: Itulah cara bijaksana menghadapi kegagalan pak. Gagal memang menyakitkan, tapi jika kita menyerah dengan kegagalan kita, tidak akan pernah kita bisa berubah menjadi elang yang tangguh :)
    :cendolbig

  16. Yoyok EU 1 KRW Says:

    Sebelumnya mohon maaf saya ikut nimbrung…saya baca dan ikuti seru banget..Saya juga bukan penengah dan berpihak kesalah satu. ..saya hanya ingin mengutarakan apa yang sudah saya alami dan saya dapatkan.

    1. Jujur…saya bersyukur ketemu dan dapat belajar dari Pak Purdi dan mentor yang lain, memang apa yang dikatakan mentor kadang tidak sama dengan kenyataan dilapangan….waktu itu saya sempat berpikir ini yang ngaco siapa? ternyata setelah saya ikuti alur dan caranya saya baru tahu…
    Setiap orang akan punya : permasalah, keadaan, situasi dan hal-hal yang berbeda-beda…dimana satu dengan yg lain tidak sama..!! Nach cara penyelesaian dan jalan keluar pastinya juga berbeda-beda…apa yang mentor lakukan dan apa yang kita lakukan, saya jamin…berbeda.!!
    Disini kita perlu kreatifitas sendiri…dan kita mustinya bersyukur…kita punya model dan gambarannya…sekarang tinggal bagaimana kita memolesnya…

    2. Hampir 90 % teman seangkatan saya gagal total…setelah ikut EU…. dan hanya 10 % yang berhasil ( maaf bukan sombong, termasuk saya )…dulu saya punya usaha kecil-kecilan keliling naik motor jualan spart part motor…setelah belajar di EU saya tinggalkan usaha itu, dan sekarang saya jadi franchisor waralaba makanan – minuman yang sudah mempunyai outlet 180 tersebar di Indonesia…dan terus bertambah karena hampir 3-4 hari buka 1 outlet…padahal saya jarang ikut kelas…sekali lagi bukan sombong…banyak hal yang saya dapatkan di EU, ya komunitasnya…ya materi belajarnya…justru dengan bertemu orang-orang GILA…membuat saya GILA usaha…dan akhirnya saya mengerti…berbisnis yang benar, berinvestasi yang benar, dll…

    Yang jadi pertanyaan kenapa 90 % teman-teman saya Gagal…? saya bertanya ke teman teman yang gagal dan saya juga bertanya ke teman-teman yang berhasil.. akhirnya saya mengerti kenapa mereka gagal :

    - Mereka Bermimpi disiang bolong, Kita musti berani bermimpi, hanya jangan bermimpi disiang bolong…kenapa? Mimpi akan jadi kenyataan kalo kita mengejarnya…mau pakai cara GILA, mau pakai cara PERTIMBANGAN…terserah…yang pasti kita perlu mengejarnya…cara-cara itu kan hanya alatnya saja…yang mana yang nyaman digunakan, gunakanlah…intinyakan kita harus mengapai Impian kita…

    - Mereka Terpukau dengan kata-kata Milyar…Milyar… dan mata mereka langsung ijo..!! padahal itu kan sebagai pendorong dan motivasi saja…sehingga pergerakan temen-temen…cenderung ngawur ” seperti yang disampaikan sdr.kita tadi…” Nach…bila kita teliti lebih dalam…sebenarnya kita-kita yang salah…kenapa makan mentah – mentah yang disampaikan mentor..
    Saya-pun pernah salah langkah…ibarat pemain catur..bidak yang saya jalankan salah…akhirnya ya kalah…, mustinya saya ngak ikut apa yang disampaikan mentor, sebaiknya saya belajar dari cara dan pengalaman mereka saat berbisnis…kenyataan dilapangan saya musti mencoba dengan cara sendiri…..karena bagaimanapun juga kita harus berani mencoba. Bagaimana tahu berhasil ato tidak kalo ngak di coba..? sekali lagi keadaan dan kondisi kita berbeda dengan mentor dan kita-pun hanya perlu gambarannya saja dari mereka…selanjutnya…? ya kita sendiri yang harus berimprovisasi dan berkreatifitas…MAU sama dengan buku dan mentor…? semelekehe…ya ngak mungkin bro..!! jadi temen-temen GAGAL, karena main menerapkan saja…itu yang membuat mereka GAGAL… sekali lagi…keadaan-situasi-permasalahan tiap orang berbeda…

    - Teman-teman tidak siap GAGAL, padahal..kita musti berani GAGAL… biasanya orang yang banyak pertimbangan itu pertanda dia takut GAGAL.., silahkan diteliti…kenapa mereka pertimbangkan ini itui…? yang pasti Takut GAGAL…segala sesuatu memang perlu dipertimbangkan, hanya kadang kita juga perlu berani GAGAL…kalo tidak selamanya kita akan menimbang-nimbang trus… dan cenderung DIAM dan tidak berjalan.
    Suatu saat kita akan kaget…orang yang tadinya ada di belakang kita tahu-tahu sudah jauh melangkah dibelakang kita…karena kita terlalu banyak pertimbangan…dan kita akhirnya malah jauh tertinggal…dengan mereka yang berani GAGAL..dan jalan duluan. Kadang malah diperlukan KEGILAAN…untuk berani berjalan…dan berani GAGAL..!!

    - Temen-temen akhirnya malah GAGAL TOTAL dan kembali ke habitatnya…kenapa? karena mereka TIDAK BERANI BANGKIT dari KEGAGALAN… saat GAGAL banyak yang menyesal, mengeluh, mundur dan tidak bangkit-bangkit lagi….akhrinya ngak ketemu kesuksesan…

    Semoga..ini bisa menjadi bahan masukan bersama…

    Salam,

    EU Karawang

  17. Moko Says:

    Bila itu manfaat ambil, tidak manfaat ya gak usah dipakai… Semoga kita semua sukses…. Amin.

  18. tips indonesia Says:

    he…he….rame juga diskusinya……bebek diskusi sama elang……kagak bakal nyambung…..(ngomong2 siapa yg bebek dan siapa yg elang ya….?

  19. Eko Yulianto Says:

    Dapat bebek goreng seberapa banyak tuh pak…. :)

  20. Eko Yulianto Says:

    Betul pak :)
    Kata Gusdur: “Gitu aja kok repooot”
    :ngakak

  21. Eko Yulianto Says:

    Bebek sama elang beda alam kali pak ya… :)
    Makanya gak nyambung
    :tabrakan:

  22. Rudi Says:

    Hai pak Muhammad
    Kapan bisa berubah jadi elang klo cara pikirnya cara pikir bebek :)
    Kapan bisa jd pengusha sukses klo cara pikir cara bpikir orang gagal..

    Knapa orang EU yg anda survey tdk sukses karena rata2 hanya bs meratapi dan menikmati kegagalannya, Tanpa mau bangkit lagi….

    Cara pak purdi tuh cara smart lebih tepatnya, bukan cara gila yang serampangan, smart bukanlah serampangan dan ngawur. Hanya yang memppraktekkannya aja yg biasanya ngawur. Gagal tuh biasa dalam bisnis bos, sekali gagal trus menyerah.. itulah orang2 yg anda survey

    Betul kata pak Eko, cara pak purdi tuh cara2 smart orang sukses. Coba baca rahasia bisnis orang Cina ato kisah orang2 sukses udah terangkum tuh di sna..

    Wassalam

  23. muhammad Says:

    kalau sekarang jamannya bebek goreng..cara gilanya harus ada menu elang goreng donk.. (maaf kagak nyambung)
    Yang pastinya sy cuma memberikan gambaran tidak ada maksud menyudutkan. semua mentor, motivator atau apapun karena pada dasarnya sama intinya beda kulitnya.
    Memang elang sulit jadi bebek, namun yang perlu diperhatikan :
    ” BAGAIMANA ELANG MENJADI RAJA ELANG, dan BEBEK MENJADI RAJA BEBEK !”

    Salam untuk semua pengusaha yang ingin sukses.

  24. oen Says:

    memang untuk meniru elang tak akan bisa jika kita tidak ada minat dan tekad untuk menjadi elang, dan semuanya tahu klo semua manusia punya waktu yang sama yaitu 24 jam, tetapi ada yang dalam 24 jam itu bisa mengurus negara, tapi ada juga dalam waktu 24 jam, mengurus diri sendiri saja tidak sanggup.

    semua diciptakan sama, hanya tinggal kemauan gerak saja yang beda walaupun keinginan semua orang bisa dipastikan sama.

    makasih banyak pak eko buat artikelnya ini, mantep boz, terus update info ya pak, makasih ^_^

  25. Jaya Says:

    waduh rameeee banget nih…bicarain pengusaha nih :)
    ikutan jadi pengusaha sukses dong!
    kebetulan gw ada 200cabang outlet showroom, bisa dibantu tidak?

  26. Roy Says:

    Kayak jaya ni… yang keliatan omong besarnya….. hahaha
    Showroom bapak loe peang apa…. hahahaha

  27. mladie Says:

    Saya sendiri bukan pengusaha…tapi seru juga diskusinya…..salut….saya setuju dengan apa yg disampaikan diatas…..disini yg terpenting adalah dorongan dan pengalaman dari dalam diri seseorang….apakah dorongan dan pengalamannya akan menjadikan ia elang, bebek atau bahkan burung emprit….tapi jadilah yg sebenarnya…tidak tanggung-tanggung…. ( motivator hanya membantu/sebagai alat bantu saja)…salam sukses untuk semua….

  28. Eko Yulianto Says:

    Waduh ada tambahan istilah lagi nih…. BURUNG EMPRIT…. hahaha
    Terimakasih tambahan komentarnya pak, saya setuju banget, semangat dan pengalaman itulah yang membedakan tingkat kesuksesan :)

  29. wildan Says:

    subhanalloh,,, saya salut dengan mas eko ini.
    meski bukan orang EU tp mengerti dengan EU lebih banyak,
    saya yang kebetulan juga org EU tp tidak sedetail ini pengetahuan saya,,

    hehehe,,, jadi pengen sharing lebih banyak nich dg mas eko, siapa tahu bisa niru action2 nya,,,,
    tolong kabari via e-mail juga mas
    ke wildan.adibi@yahoo.co.id

  30. Eko Yulianto Says:

    Wah saya gak ngerti EU secara lengkap lho pak :)
    Pak Yoyok EU 1 KRW itu yang paling mengerti dan terbukti sukses…

  31. eu samarinda Says:

    bebek ketemu elang ..makin berisik ya di patok hehe

  32. Gatot Priambudhie Says:

    Wkwkwkwk… Panas juga liat judul nya sampe mampir ke sini
    yang bikin artikel ini pasti orang GILA!
    Ilmu Mbah jPurdi jarang bisa dicerna oleh Bebek2 eh Penganut Logis, Analistik, Realistis, Aritmatik, linier, terencana dll…
    karena yang nama nya Bebek ya kalo laper paling minta makan ama majikan nya, nyari sendiri paling mewah dapet cacing, dateng Hujan n cuaca buruk paling masuk kandang yang disediain majikan nya, gak produktif/bertelur ya jadi menu utama santapan majikan nya hmmm yummy…jauh Beda sama Elang yang terbang tinggi melawan ganas nya Cuaca yang tak terencana dan berubah ubah, dengan Kreatifitas nya ia membuat sarang nan artistik untuk anak2 nya diatas pohon yang Kokoh, mencari mangsa dengan Intuisi nya yang kuat untuk mendapat makanan yang qualified, Ya Daging! bukan Cacing!
    Dan yang pasti Populasi Elang tidak sebanyak Bebek…jika disandingkan bagaikan sebutir permata diantara tumpukan batu kerikil!

  33. eu8 bjm Says:

    sy ikut eu ingin merubah nasib, apakah sy jd elang atau jd bebek itu semuaa iu adalah pilihan , apakah pada saat anda lahir tahu bahwa anda sebagai apa? teruslah tuntut ilmu,perbanyak silaturahmi, selalu belajar dengan yang lebih bisa, selalu berdoa,berusaha dan meminta kepada Allah Tuhan Kita.

  34. eu samarinda Says:

    Amiin, dan belajarlah ikhlas menerima masukan dari org lain pabila itu ada kebenaran di sana, qulil haqqo walau kaaana murron

  35. putu pande Says:

    mantaaap..

    gitu aja kok repot..

    pake jurus BOBOL ya?? berani Optimis Bohong Orang Lain..

    semoga bisnisnya makin banyak n sukses saja..

  36. jabon Says:

    maju terus,,pengusaha jangan mudah berputus asa,,

  37. maskur Says:

    Saya juga pengin jadi pengusaha….lagi belajar jualan lcd laptop…impian saya bisa buka toko atau jadi dealer sparepart….klo ada informasi bisnis ini tolong sms 085711665051 atau e mail : maskurhidayat@gmail.com

    Jika saya nanti sudah jadi elang saya mau ikut kasih komentar dengan pengalaman saya. Tapi kita memang perlu untuk action jangan cuma punya gagasan saja untuk berbisnis.

    :beer: :iloveindonesia

  38. Terancam drop out Says:

    nyatanya SAYA sukses kok pake cara PURDI E CHANDRA…

  39. raf(clp) Says:

    wah obrolannya Hebat banget……..
    skarang ada yang punya solusi nda buat orang2 yang GAGAL
    sepertin saya ini
    berawal dari modal dengkul hingga punya sedikit hasil dan tabungan
    tapi karna salah langkah malah punya hutang banyak
    gmn solusi buat yang sediki pendapatan tapi banyak hutang???

  40. lapak Says:

    isi tulisan ama judul kok beda banget ya ..

  41. Amin T Widyo Says:

    GILA…benar2 luar biasa mas Eko….EU bangggeeeeeeetttttttzzzz, walaupun bukan orang EU, seharusnya pemahaman alumni EU itu sampe seperti pemahaman ms Eko ini….aku salah satu yg diJERUMUSKAN Purdi E Chandra sehingga harus keluar dari PNS gara-gara konsultasi ke dia….eh ternyata dalam menjalankan bisnis ini setiap hari ada saja masalahnya….tetapi ternyata juga semua masalah itu adalah ujian untuk kita naik peringkat/kelas….syukurlah sekarang pemasukan saya udah 40x lipat gaji PNS….itu gara2 seperti yg diceritakan ms Eko…terus…terus…terus…dan tidak ada bosannya…Kalo Purdi menjerumuskan orang dengan EUnya….itu karena memang TUJUAN UTAMA beliau (seperti yg pernah di bicarakan secara pribadi dengan saya)karena ilmu/cara menjalankan bisnisnya tidak bisa diceritakan/diseminarkan….kalau mau tahu teori/cara mencalankan bisnis ya buka bisnis….pasti akan ketemu yg namanya masalah….saat itulah kita cari SOLUSI (bisa dengan tanya teman/mentor/gogling/beli buku/kursus teknis/dsb) tapi kalo kita belajar teori dulu…percuma..karena saat buka bisnis, belum tentu masalah yg kita pelajari yg terjadi….jadi kalau mau pinter teori bisnis..kuncina ACTION…ACTION…ACTION…ACTION….sampe 9A kata purdie…
    Salam buat temen2 EU yg masih setia jadi pengusaha….

  42. Eko Yulianto Says:

    Anda hebat pak, bahkan mampu keluar dari zona aman sebagai PNS untuk menjadi pengusaha. Semoga kisah anda menambah semangat teman2 yang masih setia sebagai pengusaha…..

  43. sarju Says:

    kok blm ada yg nglanjutin ni hari sy malah msh cari cara buat dapt beli franchaisnya. Mahal sih tapi mbok ya bagi ilmu gara cara beli dg modal dengkul

  44. nagar Says:

    wah saya bebek yng naek pesawat terbang
    gak susah kan???
    bisa terbang juga kan???
    awali dengan otak kanan
    berupa inovasi, imajinasi
    baru otak kiri berupa logika dan ilmu pasti

  45. sukasushi Says:

    salut nih buat judul sing edan,udh kena penyakit PURDIES sih.. (bukan rabies si anjing gila tp om Purdi ‘gila’ hehehe),kpn nih aku kena virusnya? ..Bgini aku ga tau apa aku elang apa bebek,yg jelas skrg aku lg dikandangnya bebek(krywti).Aku bingung pilih out skrg to start bisnis or nunggu 3 th lg pensiun dini buat modal? mohon wise suggestion dong…

  46. Eko Yulianto Says:

    Mending start sekarang bisnisnya bu :)
    Tapi jangan keluar dulu dari kerjaannya, baru klo bisnisnya udah jalan silahkan keluar dari pekerjaan :)

  47. Eka Bali Says:

    saya terpancing utk buat komentar neh gara2 ada Raja Bebek.. hahahaha..
    saya pikir EU atau siapapun, itu bukan masalah! tergantung anda merasa nyaman dimana. saya pun tidak mungkin memaksakan orang lain utk gabung di komunitas EU. klo anda merasa nyaman dgn setumpuk buku motivasi, ya silakan. tapi klo saya sendiri, saya perlu mentor! ilmu pak purdi bkn teori aja.. ada segudang mentor yg siap membantu permasalahan kita dari segi bisnis manapun. ada pak Miming Pangarah (raja hutang), pak Rully Kustandar, pak Wan Muhamad, pak Jaya Setiabudi, mas mono, Mbah mo, pak Rangga Umara, pak Didi Junaedi, dan msh buaaanyaaaaaaaaaaaaakkkkkkkkkkkkkkkkkkkkk mentor lainnya..
    saya pikir disinilah kekuatan EU sebenar’a.. kita tau teori, kita praktek, kita konsultasi tiap langkah, dan ketika ada masalah pun, ada mentor dan komunitas yg akan support anda SETIAP WAKTU!

    jadi saya pikir sangat disayangkan jika ada komentar bahwa survey menunjukkan bahwa anggota EU yang ikut seminar Purdi, banyak yang gagal; PERLU KITA PERTANYAKAN LEBIH MENDALAM..
    DI Bali udah di survey belum??? Di singaraja malahan rata-rata alumni punya usaha. Toko Buku Togamas pun hadir di Singaraja gara2 proyek keroyokan sesama anggota EU yg blm pnya bisnis! Teman yg pegawai asuransi skrg keluar dan mendirikan koperasi HANYA bermodalkan kartu kredit aja! SERIUS.. Saya ga bohong! cari Warih Keniten di facebook. Tmn yg punya bengkel tpi msh ngontrak tempat, skrg punya tempat seharga 2,5 Milyar dan akan menjadi bengkel motor terbesar di Singaraja ! silakan cari Fufuk Ariawan di facebook. dan masih banyak lgi contoh teman2 sukses di EU..

    SALAM DASHYAT..
    Eka

  48. Eko Yulianto Says:

    Mantap penjelasanya pak, terimakasih. Semoga menjadi pencerahan bagi teman2 yang lain.

  49. Eko Bambang Setyanto Says:

    Saya pernah ikut seminarnya EU, yang saya perhatikan dan pelajari dari bahan materinnya ternyata cukup lumayan dan bisa menggiring kita untuk cepat bertindak. Karena mereka lebih mengedepankan optimalisasi otak kanan yang notabene dengan “action”, mikir belakangan. Nah ini yang kadang menggiring kita untuk tanpa pikir panjang dan finalnya dibelakang akan menumpuk masalah karena kita sudah terlanjur action tadi. Selanjutnya yang saya kritiki dari UE antara lain dalam urusan usaha melibatkan ketidakjujuran, berani dusta, dan memaksakan kehendak. Alhamdulilah bisnis saya sudah mulai maju “BUKAN KARENA BAHAN KULIAHNYA UE”. Mohon maaf, tipikal saya adalah bebek yang tak mungkin terbang tinggi seperti elang, dan saya justru lebih berhasil dengan cara pendekatan diri kepada “ALLOH” seperti beberapa motivator yang pernah saya timba ilmunya.Apa itu rahasianya? antara lain, sedekah, sholat dhuha, sholat tahajut, wirid maupun dzikir, berbuat baik kepada sesama. Suatu hari saya pernah ditanya teman, “jangan-jangan ini awal dari bencana sampeyan, kok begitu cepatnya usaha sampeyan berkembang”. Dalam hati saya bilang “Bisa jadi bencana kalau kita salah membelanjakan hartanya Alloh, dan akan dilipatkan seandainya kita lebih bersyukur”

  50. Teguh W Says:

    Wah Mantap sekali mas eko ulasannya. Memang istilah elang dan bebek ini sangat menarik, Tapi yang penting bagaimana kita menempatkan diri kita sendiri apakah ingin menjadi Elang yang siap terbang jauh diatas langit, atau hanya menjadi seekor bebek….Itu semua tergantung pada diri kita sendiri.

  51. tony Says:

    mantap boz artikelnya…elang adalah pilihan hidup saya, tapi bebek tetap menjadi peluang bisnis saya…

  52. sigit Says:

    yaa intinya jangan jadi anggota nato – no action talk only
    gunakan cara nekat sehat dan cerdas ..

  53. Eko Yulianto Says:

    Nah ini dia kuncinya pak….. :)

  54. ida Says:

    judul yg negatif, menarik saya utk kesini… menarik…. kita memang harus siap dg segala kemungkinan… tdk ada kesuksesan tanpa kegagalan…. dan tidak ada org yg gagal, yg ada adl org yg menyerah sebelum berhasil dan org yg berhenti mencoba..

  55. Igun Says:

    harus dibaca sampe abis, klo g bisa salah paham.. haha

  56. Eko Yulianto Says:

    Betul pak, penggemar pak Purdi yang marah2, berarti gak baca sampai habis….hahaha

  57. aikcell magetan Says:

    kirain bener p purdi pembohong. ternyata…. sip deh artikelnya.

  58. robi Says:

    Judul yang bagus pak, saya setuju kita berhak menentukan mau seperti apa kita, elang atau bebek yang penting kalo mau jadi pengusaha harus berani terbang setinggi-tingginya tanpa takut untuk jatuh walau pun harus jatuh, cepatlah bangun kembali, salam super…………..

  59. Rully Says:

    kalau saya sih intinya kembali pada diri masing-masing.
    jika ingin memulai suatu usaha kita harus siap dengan namanya kegagalan dan dari kegagalan itulah kita memperbaikinya agar tak terulang lagi.
    yang jelas mendingan kita MENGAJI DARI PADA DI GAJI.( itu kata pak PURDI )
    dan saya sangat setuju 1000%.
    jika anda ingin menjadi pengusaha anda harus bergaul lah dengan pengusaha sukses di sekitar anda biar VIRUSnya kena pada anda.
    hindarilah yang namanya karyawan biar tidak tertular Virus karyawan..[ maaf ]
    cara pak purdi sangat betul mencoba usaha dengan modal dengkul itu benar.
    dan saya buktinya.modal dengkul dan nekat sekarang saya sudah memiliki aset yg di luar akal sehat saya sekarang.
    dulu saya bayar angusaran motor saja kadang pusing 100x semenjak saya di ajak teman bergabung di EU otak saya terbuka dan langsung action tampa mikir resiko.dan buktinya sekarang beban yang rutin tiap bulannya 78jt harus saya bayar di tiap bulannya ( maaf bukan pamer ).sampai hari ini saya masih bisa duduk di warung kopi ngumpul sama teman2 EU bercanda bicarakan tentang hutang hehehehheehhe.
    jadi pada prinsipnya jika ingin memulai suatu usaha jalankan saja dulu persoalan gagal di belakangan.tapi jika anda mikir gagal sebelum usaha janganlah menjadi pengusaha tapi jadi karyawan yang suka di beri dan di perintah….
    mohon maaf bila ada kata-kata yg tidak terkenang di hati anda.
    SALAM SUKSES (Hilangkan teori yang banyak langsung praktek lebih bagus)

  60. goalpoint Says:

    artikel yg bagus, ada manfaat yg bisa diambil, termasuk pemilihan kata untuk membuat judul. TEMA BISA MENARIK. STRATEGI YG BAGUS . Saya kira ini bisa ditiru strateginya. Go freedom

  61. Agus Salim Says:

    Mantap , tapi bukan gila disini diskusinya panjang2. Bagiku yang penting motivasi untuk belajar berani mulai dan praktik2 terus. Juga lebih baik memberi kail daripada langsung diberi ikan terutama untuk generasi muda. Jangan sampai punya slogan muda foya2, tua kaya raya mati masuk surga. Enak banget tanpa ada ujian hidup ?!! Semoga tetap semangat berbagi kebaikan.

  62. iwanmilyarder Says:

    bolehkah sy minta no hp bapak………..

  63. Eko Yulianto Says:

    Klo ingin kontak mending lewat Facebook aja pak :)
    http://facebook.com/ekodeh

  64. fahmiJogja Says:

    Bung Eko..judulnya Profokatif…membuat para Purdi Mania kayak saya jadi emosi, setelah dibaca…eealah ternyata mantab banget..nget..nget…, Sukses, barokah dan Semangat pagi.

  65. Rio Says:

    Kita ini manusia, bukan bebek. Bebek yang dimaksud purdi hanyalah perumpamaan. Kita manusia punya potensi luar biasa bahkan melebihi malaikat dan syetan, makanya mereka disuruh sujud sama manusia. kebanyakan manusia tak menyadari potensinya sehingga perlu dicontohi sama bebek, ayam, elang dll, karena kelakuannya mirip ayam pedaging. Kalo ada yang menyalahkan purdi, saya pikir kasiah sekali orang itu. Ibarat ikan tenggelam. purdi hanya membukakan mata kita bahwa sebenarnya potensi manusia itu luar biasa, sehingga memulai usaha tanpa modal itu adalah “bisa”, caranya gimana? tanya aja sama purdi atau temennya yg juga gila, mario teguh.

  66. rakhmat Says:

    nah, ini baru aku sreg. setuju boz. ulasan pak eko kyknya malah beda konteknya, elang ya elang, bebek ya bebek, mereka punya unia yang beda. ga bisa terbang bukan brrti nyungseb. pisssss

  67. balex Says:

    kasihan bener si mental bebek, kalo sdh memfonis diri sebagai bebek gak perlu jadi pengusaha coy. jangankan pake modal dengkul …. dimodali 5M saja sy jamin selama 5 tahun modal anda akan ludes. boro2 berkembang. beebeeeeek beeebeeeek. kwakk kwaaakk

  68. Boy Says:

    maaf ikut nimbrung
    sata bukan penggemar PURDI E CHANDRA, dan saya bukan siswa EU
    tapi saya hanya ingin mengucapkan

    ” JIKA ANDA INGIN MEMBUKA USAHA, apakah anda siap GAGAL? klo engga siap jangan jadi pengusaha…

    ” Membuka usaha dengan MODAL 1 jt harus siap menanggung resiko 1 jt ”

    ” TIdak semua bisnis harus di mulai dari NOL (baca;modal) tapi mulailah dari 5, 6,7 dst…..”

    kenapa saya bisa mengucapkan hal tersebut,,,,, karena saya sudah melakukannya…

    satu lagi jangan lupa sedekah (jiahhhh pasti pada nyangka saya RIYA ) jangan nunggu harus ikhlas dl,,,, klo engga ikhlas2 berarti engga sedekah2 dong heheheh

    mohon maaf bukan sok menggurui,,,, karena saya suka kalo 10 persen dari penduduk indonesia semua PENGUSAHA bukan hanya mengandalkan menjadi karyawan,,,, SALAM RIGHT….

  69. syaiful anwar Says:

    simpel aja,bisnis buat dibuka…dimulai…kalo sdh yakin pd dr sndiri jalanin aja dulu…kalo uda dibuka nggak mngkin nggak diitung kan? om bob sadino prnah bilang; jgn trlalu bnyk dengerin org lain, jalan aja terus…bisnis kan bkan urutan,logika,atau kcrdasan teori…tapi fikiran/mind set kt sndiri…makany knp org kaya dan org miskin brbeda…?krn org2 kaya biasa brfkir besar…benar jg apa yg prnh ditulis valentino dinsi,rezeki dtg sesui pd tmptny,kalo kt bngun air port, biasany yg prkir pesawat2,atau kalo kita bangun terminal ,paling yg pakir mobil atau bus…ilmu,strategi bisnis ,brfkir srba canggih itu bagus tp trlalu bnyk mnyerap ilmu biasanya jd takut brtndak..dan mnghmbat kreativitas..ujung2ny nggak mulai2 bisnisnya…oke? larry elison/org trkaya ke dua dunia..dlm ceramahny di dpn para lulusan mahasiswa MBA Harvard university prnah bilang, “kalian tdk akan prnah bs spt saya ,bill gates,atau daftar org2 trkaya dunia lainny..krn kalian sdh trlalu bnyk mnyerap ,dan trlalu bnyk tahu…kalian sdah trhpuskan! ceramah bisnis sy ini bukan dipruntukan utk kalian yg sdh lulus,ya bukan utk para pcundang spt kalian yg besok sy yakin akan mngantri pkrjaan dgn gaji yg ditndatangani oleh tmn kalian yg drop out! cramah sy ini utk kalian yg msih aktif kuliah…ayo kamasi brg2 kalian drop out dan mulailah bisnis”

  70. MUSTARI.M Says:

    saya bosan dengan purdi candra dengan janjinya

  71. famadaeli Says:

    @ MUSTARIM,,,,
    Saya Bukan Pendukung pak Purdi, Gak Pernah Bertemu pula …
    Akantetapi Pak Purdi Gak Pernah Menjanjikan Bahwa, Mustarim Akan Sukses.
    Anda sendiri yg memilih jalan- Hidup Bukan Janji ..
    Kebosanan Anda dgn Janji Pak Purdi Akan Mencerminkan Kepribadian
    Anda, Wawasan Sendiri,,,,

    Seharusnya Pak Purdi Sebagai contoh positif Bagi Banyak Orang
    Indonesia Yang mau Maju dan Gak mau Di Gaji….

    Semoga Berubah jadi Optimis Dan gak Di Gaji,, gak Di Janjikan Sesuatu
    Oleh orang lain ..

    Mohon Jgn Tersinggung ..

    Salam Sukses…

  72. 10M Says:

    manusia tk seperti binatang, jangan samakan. Bgaimanapun tuhan menciptakan kita dengan keadaan yg sama, jadi semua berhak untuk mendapatkan keberhasilan yg setara. Orang negatif selalu punya alasan, orang positif selalu mencari solusi.

    Manusia merapan makhluk yg paling berpotensi.

    ‘besi batanganpun bila digosok terus menerus pasti akan menjadi jarum, begitupula dengan kesuksesan apabila dikejar terus menerus akan pasti sukses’

    salam dahsyat

  73. Masgie Says:

    maj jadda wajad = sopo temen bakal tinemu = siapa yg sungguh-sungguh pasti akan terwujud usahanya.

  74. spirit property Says:

    Kalau menurut saya strategi yang di lontarkan pak purdi ada baiknya juga kita hargai, kita hormati, dia mengajari kita untuk tidak berkeluh kesa, untuk tidak pesimis, untuk berjuang keras, karena dalam hidup ini tidak ada yang tidak mungkin, semua serba mungkin. karna menurut saya GAGAL ITU TIDAK ADA SELAGI PERJUANGAN BELUM BERHENTI…..spirit property bekasi….. 021- 444 51 878

  75. ocha Says:

    siapa bilang bebek gak bisa terbang,untuk proses migrasi mengharuskan bebek terbang dr satu belahan dunia kebagian dunia lain,menggunakan pola terbang yg berbentuk V,pernah nonton dan baca tentang lomba pacu itik tu mengharuskan bebek nya terbang,bebek yg paling jauh dia lah yg jadi pemenang,bebek pun bisa asal dia mau….:D

  76. purwa Says:

    manusia itu diberi pikiran, mungkin purdi e chandra hanya mencoba membantu orang orang membangkitkan kekuatan pikiran orang yang mau di bantu, yang ga mau ya udah, gitu aja ko repot . teori aa gym pun belum tentu bisa di pake setiap muslim seperti itulah contohnya . yang jelas kita sebagai seorang manusia tidak akan pernah tau kita termasuk golongan yang beriman atau tidak, ibadah kita diterima atau tidak , yang jelas tugas kita berusaha berihktiar mencari ilmunya dengan benar dan melaksanakannya agar termasuk orang beriman . sama halnya apakah bebek ataw elang kita ga pernah tau yang jelas kita berusaha terus agar termasuk menjadi elang dengan ilmu yang kita yakini benar dan melaksanakanya,

  77. eko setiawan Says:

    saya setuju sama ning makassar. pal gunadi pernah cerita tentang telor yang dierami ayam, menetas bersama anak ayam yang lain. si anak elang begitu melihat elang terbang tinggi, dia ingin terbang tinggi jua tapi saudaranya yang ayam mencegahnya dengan mengatakan engkau ayam, tidak usah mimpi jadi elang. begitu seterusnya, akhirnya dia hidup bagai seekor ayam dan mati bagai seekor ayam. jadi harusnya tidak pesimis.

  78. febi Says:

    bebek pun bisa terbang kalo iya menumpang terbang di punggung elang atau mungkin pake mesin terbang hehe jawaban sederhana kan? inilah otak kanan

  79. tisna Says:

    ya..setuju banget sih dgn istilah bebek dan elang…tp adakalanya bebek mampu terbang walo hanya utk meloncat dari satu tempat yg rendah menuju tempat yg tinggi.dan itu butuh perjuangan keras….tergantung komitmen dan kemauan si bebek

  80. 99miliar.blogspot.com Says:

    waduuuh…. soal sukses dan gagal sy kira tetap tergantung kesungguhan. gagal berati dia tdk bangkit lagi, coba kalau trus bangkit sy yakin akhirnya jdi sukses jg.

  81. Pengusaha Malang Raya Says:

    Tidak perlu di bahas panjang lebar, itu hanya untuk motivasi. saya suka cara purdi, tapi kenyataan nya saya tidak pernah pake cara purdi. Purdi adalah motivator

  82. Husin Says:

    Huahahaaaa….. Terpancing juga saya dengan judul nya… Bikin saya Negatif-Duga,,, Gila memang Gilaaa…
    Anda sdh ter-inveksi virus bung..!!!
    Sukses terus..

    Salam Super…
    Salam Dahsyat..
    Luar Biasa…
    Salamat Malam,, Salamun a’laikum..

  83. zulfadhliashari Says:

    saya kira website ini ingin mendiskreditkan pak purdi e chandra, ternyata strategi, biar web nya banyak di kunjungi, hhahaaa
    mantap om strateginya, cara otak kanan banget . salam : young entrepreneur zulfahdliashari .. :)

  84. eu semarang Says:

    Pak Purdi tidak bisa dikatakan salah, karena beliau memberikan motivisi dengn caranya sendiri, dan ternyata banyak yg tergerak,…. jadi kita gak bs menilai sepotongh sepotong, walau disini banyak kejanggalan, usaha cara Gila, usaha mulai dengan sedekah (semia uang disedekankan) tapinnyatanya banyak yg bermanfaat, nah yang benar benar gila mereka memilik Entrepreneur University (EU) hampir di tiap tiap kota dan kebanyakan gak ada kantornya (kecuali jakarta) inin benar benar GILA, dan banyak yg mau dan percaya…

  85. kedai Pakaian Anak Says:

    Terima Kasih Atas paparan dan penjelasannya, sangat bermanfaat. intinya ada 2 pilihan mau jadi bebek atau elang. pilihan tergantung masing2x. dan resiko di tanggung sendiri,,…! salam perubahan

  86. wong kalimantan Says:

    setuju ama mbah purdie, biarpun gagal tetep ada semangat gede. bahkan kata “gagal” selalu diganti dengan kata “sukses” insya Alloh sukses kedepannya…

    semangat berwiraswasta meski hanya MODAL DENGKUL…

  87. Rumah Tiket Says:

    Nice Post…Ulasan yang keren!
    Seharusnya artikel ini mampu memberikan semangat bagi para pengusaha muda dalam mewujudkan ide jadi kenyataan. Proses menuju sukses sangatlah indah. Ketika kita berani melalui itu semua, gagal, pahit, cacian, makian adalah sebuah jalan menuju kesuksesan. Sukses buat semua…! Salam kanan!

  88. mas eko Says:

    hei, ente ini siapa?? ane berhasil lewat cara beliau !! jangan sok jadi orng. inget yg diatas sobb

  89. Eko Yulianto Says:

    Kelihatan banget kalau gak baca artikelnya. Baca dulu artikelnya baru kasih komeng ya gan. Biar gak malu-maluin….. hahaha

  90. Purdi Mania Says:

    Ini isi artikelnya memuji pak Purdi kok malah ada yang marah2 ya. Yang baca pasti otak kiri nih wkkwkwkww

  91. sarang semut Says:

    Saya sudah ikut seminarnya, LUAR BIASA Salam Kanan…

  92. doni Says:

    yang nilis postingan ini hanya orng PINTAR, hahahahhhahahaha, lekslah menjadi orang bodoh kawan

  93. doni Says:

    huhf judulnya parah, ehhh ternyta, sorry ahhh :P

  94. Rachmad Hidayat Says:

    Salah besar kalau kita itu dibilang elang, apalagi bebek. Kita itu manusia yg jauh lebih hebat dari elang dan bebek. Manusia bisa bisa bikin sepeda motor bebek. Tapi bebek tidak bisa buat sepeda motor manusia. Manusia bisa bikin balsem cap lang (cap elang red), bisa bikin pesawat tempur sky hawk, fighting falcon dsb.
    Wkwkwk ,,, wkwk … serius amat bacanya

  95. Rustianto Says:

    Kurang lebih analoginya, tidak ada Universitas yang mau menjamin 100% siwanya di terima kerja dengan gaji layak, seandainya nggak dapat kerja tidak ada yang berani menuntut uang selama belajar di kembalikan.
    Hukum wiraswasta memang 90% persen Gagal, 10% yang berhasil.
    Untuk kasus pak Purdi yang sekarang, saya tidak tahu persis spt apa.

  96. ichal Says:

    Semoga semua yang nimbrung disini makin SUKSES yaa…
    Yang jelas yang paling SMART di rubrik ini adalah Mas Eko Yulianto…
    Karena sudah menaikkan traffict pengunjung di websitenya…hehe salut Mas eko…EU bangets ….

  97. fajri arma Says:

    Bebek pun bisa terbang jauh..dan saya buktikan..ada 3 faktor yg membuat itu bisa..kuasa Tuhan,sedekah dan action..saya dulu memang bebek yg gak bisa terbang..berkat EU,saya sudah terbang sekarang..bukan hanya impian tapi kenyataan..makanya,apapun itu dicoba dan positif..gagal ambil hikmahnya,agar nanti gak masuk ke lubang yg sama..berpikir positif,niat,tawakal,man jadda wa jadda..sukses buat semua..jangan lupa ibadahnya..

  98. dik_suryadi Says:

    Jiwa wirausaha tidak bisa dibentuk dlm wkt singkat…
    Semua butuh proses dan proses itu bernama waktu dan masalah yg terkumpul dalam satu PENGALAMAN…

    Tidak perlu saling hujat dan menyalahkan…
    Lulusan PT Negeri ternama pun ada yg hanya angon bebek …
    Yg wajib kita lalukan ikhtiar..doa dan tawakkal…

  99. TARGUS Says:

    Belajar sama yang sudah pernah gagal seperti Anda. Baca tuh buku Donald Trump (DT), Ciputra yang pernah gagal di toko buku, cari Gratisan ya. Maksudnya baca buku ga bayar, cari toko buku yang deket, cari e-book gratis DT. paling korbanin waktu saja tidak keluar duit

  100. Chandra Iman Says:

    tiap orang bisa sukses dengan caranya sendiri, tanpa mengikuti purdi chandra juga bisa sukses, buktinya banyak orang sukses selain purdi chandra khan :)

    intinya mah ambil yang baik saja :) salam kenal

  101. Usaha Online Says:

    Semua bisnis pasti ada jatuh bangunnya. Dengan jatuh maka kita bisa menjadi lebih kuat untuk langkah kedepannya.

    semoga dari hal ini kita bisa mengambil hikmahnya

  102. rangga Says:

    sudahlah. jangan berdebat .mending mulai bisnis sana

  103. paksya Says:

    jika ingin memulai bisnis, wajar-wajar sajalah… artinya ya sebaiknya memiliki modal, besar kecilnya jenis usaha disesuaikan dengan besarnya modal. Kami pikir sebaiknya tdk usah menjanjikan kepada orang lain dengan strategi bisnis tanpa modal.

Leave a Reply