Mencari ide bisnis bisa dikatakan gampang juga bisa dikatakan susah, tergantung bagaimana kita memandangnya. Sebenarnya sangat mudah mendapatkan sebuah ide bisnis. Inti dari ide bisnis adalah memberi solusi pada permasalahan yang dihadapi masyarakat sekitar.

Lihat saja bisnis yang laris manis di sekitar kampus, pasti tidak jauh dari permasalahan yang dihadapi para mahasiswa. Biasanya permasalahan yang dihadapi mahasiswa adalah tempat tinggal, tempat makan, tempat hiburan, sewa komputer, sewa akses internet, dan terakhir yang marak adalah tempat akses internet gratis. Itu adalah ide bisnis, dan kenyataannya bisnis di bidang itulah yang laris manis di sekitar kampus.

Saya pernah membaca asal mula ide bisnis pembayaran dengan menggunakan kartu kredit. Saat itu penggagas metode ini (maaf saya lupa namanya) saat akan membayar tagihan di restoran dompetnya ketinggalan. Dia kebingungan dan menelepon keluarganya untuk mengantar uang ke restoran. Ini adalah permasalahan yang banyak dihadapi masyarakat, terkadang lupa atau malas membawa uang dalam jumlah banyak di dompet. Akhirnya dia mendapatkan ide bisnis bagaimana mengatasi permasalahan ini dan muncullah kartu kredit.

Saat akan membangun bisnis, ide bisnis ibarat sebuah pondasi. Mencari ide bisnis harus benar-benar diperhitungkan dengan matang. Salah menentukan ide bisnis berarti akan salah pula terget yang akan kita dapatkan. Memahami kebutuhan pasar dan permasalahan yang ada di masyarakat secara detail merupakan syarat utama mendapatkan ide bisnis yang cemerlang.

Masih bingung dan sulit menemukan ide bisnis? Tidak ada salahnya anda menerapkan bisnis meniru atau belajar langsung dari ahlinya. Anda bisa membaca artikel saya tentang bisnis meniru dan bisa juga belajar langsung dari motivator terbaik Indonesia untuk hal ini. Jangan lupa ide bisnis cemerlang harus diimbangi dengan sedekah agar rejeki kita selalu barokah. semoga bermanfaat.

Sukses untuk anda…..