Saat itu tepatnya jam 9 kurang 25 menit, suster jaga mengatakan kalau anakku dalam kondisi kritis dan kemungkinan tak tertolong. Akhirnya 10 menit berikutnya anakku yang dirawat intensif selama 2 hari harus meninggalkan kami. Itulah saat paling tak terlupakan dalam hidupku…..

Karena berbagai alasan, akhirnya aku membawa jenasah anakku pulang ke rumah orang tuaku. Aku bertekat memberikan pelayanan terbaik bagi dia disaat-saat terakhir tersebut. Aku tidak mau pakai ambulan, aku ingin membawa anakku dengan mobilku sendiri. Aku kendarai sendiri, walau mertuaku bersikeras melarangnya mengingat kondisiku yang lemah.

Aku berusaha tegar selama dalam perjalanan. Tapi ketegaranku runtuh saat aku turun dari mobil disambut banyak pelayat. Saat itulah aku pertama kali menitikkan air mata dihadapan banyak orang…..

Aku terharu dengan apa yang aku lihat. Banyak sekali pelayat dari desa tetangga, tempat keluarga ayahku dulu tinggal. Aku tidak menyangka mereka begitu punya perhatian besar pada kami. Mereka rela datang walau tempatnya agak jauh. Mereka rela menyisihkan waktunya demi memberi support kepada keluarga kami. Semua bergotong-royong membantu proses pemakaman anak pertamaku tersebut hingga selesai.

Para pelayat dari desa seberang itu, masih menaruh perhatian pada keluarga ayahku karena saat tinggal disana ayahku adalah orang yang aktif di setiap kegiatan masyarakat. Ayahku adalah tipe orang suka menolong dan selalu menjaga hubungan baik dengan para tetangga. Bahkan hubungan dengan beberapa tetangga banyak yang seperti saudara dengan ayahku. Aku yakin, karena alasan inilah puluhan orang-orang tersebut rela datang ke tempat ayahku demi membantu pemakaman anakku…..

Kisah ini terjadi sekitar tahun 2002, saat anak pertamaku baru lahir. Dia hanya bertahan hidup selama 2 hari karena suatu hal. Kisah ini pula yang menyadarkan saya betapa pentingnya kita membina hubungan baik dengan para tetangga.

Tetangga adalah ORANG YANG DATANG TANPA DISURUH SAAT KITA DITIMPA MUSIBAH. Tetangga adalah orang yang pertama kali kita mintai tolong jika kita butuh bantuan, karena merekalah yang terdekat dengan kita. So…jagalah hubungan baik dengan tetangga anda ya….. 🙂

Semoga kisah saya ini bermanfaat dan membawa kebaikan buat Anda semua. Amiin…..