Kejadian sekecil apapun, tidak akan bisa terjadi tanpa kehendakNya. Pasti ada hal positif yang ingin disampaikan Allah lewat sakitnya putra saya. Itulah keyakinan yang tetap saya pegang saat anakku masuk rumah sakit selama 5 hari kemarin.

Musibah akan menjadi musibah, saat kita menganggapnya sebagai musibah. Tapi musibah pasti akan berubah menjadi berkah, saat kita memandang positif dan mengambil hikmahnya. Lewat keyakinan ini, akhirnya saya benar-benar mendapatkan berkah dari sakitnya putra saya kemarin.

Hikmah pertama
Saya sangat bersyukur karena anggota keluarga saya yang sakit hanya 1 orang. Saya lebih beruntung dari pada ibu yang menunggui pasien sebelah. Suami dan anaknya sama-sama terkena sakit demam berdarah. Terakhir keduanya sama-sama drop dan sang suami kritis.

Saat di rumah sakit, saya selalu berusaha melihat orang-orang yang kurang beruntung dari saya. Apa yang saya dapatkan saat melihat orang-orang yang lebih kurang beruntung tadi? Saya lebih ringan menjalani cobaan Allah. Saya malahan bersyukur karena apa yang saya jalani terasa lebih ringan dibanding orang-orang tadi.

Tuhan sangat suka umatnya yang selalu bersyukur. Bahkan Tuhan telah menjanjikan akan menambah nikmat bagi umatnya yang bersyukur. Bagaimana jika bersyukur saat menjalani cobaan Tuhan? Pasti jalan keluar segera kita dapatkan…..

Hikmah Kedua
Saya melihat betapa besar arti pertemanan dan persaudaraan. Saat dalam kesulitan, banyak teman-teman Facebook, teman kerja, dan tetangga yang membantu doa dan berkunjung untuk memberi support pada kami sekeluarga. Dukungan teman-teman inilah yang membuat saya semakin sadar betapa berartinya dan pentingnya menjalin persaudaraan sebanyak-banyaknya.

Siapakah orang yang pertama kali datang memberi pertolongan saat kita dalam musibah? Jawabnya adalah para tetangga dan sahabat-sahabat kita. Inilah hikmah berharga yang saya dapatkan…..

Hikmah Ketiga
Saat sholat di masjid rumah sakit, saya melihat betapa orang-orang yang berada di situ sangat khusuk dalam sholat dan doa. Hal ini bisa dimaklumi karena anggota keluarga mereka sedang sakit.

Lewat pemandangan itu seolah saya diingatkan; beginilah seharusnya saya sholat dan berdoa. Janganlah khusuk dalam sholat dan doa hanya saat kita dalam kesulitan saja…..

Inilah sekilas hikmah yang saya dapatkan saat menjalani cobaan anak saya harus masuk rumah sakit kemarin. Semoga kisah saya ini membawa manfaat bagi semua.