Fatwa Haram Facebook

Fatwa bahwa Facebook haram digunakan karena lebih banyak keburukannya dari pada kebaikannya sangat menggelitik jari saya untuk menulis artikel ini. Aneh, lucu, dan terkesan kekanak-kanakan apa yang saya lihat pada sekumpulan orang-orang yang menetapkan keputusan ini. Jangan-jangan mereka belum tahu apa itu Facebook? Jangan-jangan mereka belum pernah menggunakan facebook? Belum paham betul apa yang mereka bahas langsung memutuskan haram? Aneh khan.

Kalau dilihat dari sudut pandang picik seperti sudut pandang orang-orang yang mengambil keputusan bahwa Facebook haram, sandal yang kita pakai pun bisa juga haram. Lho, kok bisa? Bisa dong, kalau sandal yang kita pakai digunakan untuk berjalan menuju lokalisasi apa tidak haram? Kalau sandal dipakai untuk menampar istri, apa tidak haram sandal kita? Lalu apa bedanya punya sandal dengan menggunakan Facebook?

Sandal bisa melindungi kaki kita saat berjalan ke masjid agar tidak terkena kotoran. Facebook juga banyak dipakai orang untuk mempromosikan usahanya, menjalin silaturahmi yang lama putus dan bahkan berdakwah. Silahkan anda nilai sendiri pengetahuan dan logika orang-orang yang mengambil keputusan bahwa Facebook haram seperti apa. Kenapa nggak sekalian saja menetapkan bahwa internet yang haram? Kalau ditarik kesimpulan seharusnya internet yang lebih pantas dikatakan haram karena fasilitas online yang dipakai Facebook adalah internet.

Mengeluarkan fatwa haram Facebook ini semakin menunjukkan kualitas para ulama yang berkumpul dan mengambil keputusan itu. Begitu ngawurnya orang-orang yang menyatakan bahwa Facebook haram digunakan. Semoga kedepan pernyataan NGAWUR dari sebagian ulama yang mengatasnamakan umat Islam seperti ini tidak terjadi lagi. MEMALUKAN !!!