Cara Sang Kakek Bangkit dari Kebangkrutan

bangkit dari kebangkrutan, cara melunasi hutang, kisah kebangkrutan, artikel hikmah, kisah hikmah

Jan 24

Kisah ini saya dapat saat sedang bertukar fikiran dengan seorang kakek yang punya penghasilan 80 juta perbulan dari bisnisnya. Dalam obrolan pagi itu, saya hanya terbengong-bengong melihat semangat pantang menyerah dari sang kakek.

Yang membuat saya kagum dengan sang kakek adalah proses bangkitnya dari keterpurukan yang pernah menimpanya. Beberapa tahun sebelumnya sang kakek tersandung permasalahan yang mengakibatkan semua hartanya habis untuk membayar hutang. Kebetulan saya tahu betul peristiwa itu, makanya saya benar-benar ingin tahu bagaimana cara dia bisa bangkit dengan cepat.

Sang kakek membuka cerita saat awal kebangkrutannya. Semua harta habis tanpa sisa. Hanya menyisakan hutang yang sangat besar jumlahnya. Tahukah apa yang dilakukan sang kakek saat itu? Dia mengikuti semua yang dialami seperti air.

Dia menikmati semua rasa sedih bahkan sakitnya karena semua itu adalah kehendak dari Tuhan. Dia ikhlas menjalani prosesnya. Menurutnya Tuhan adalah maha penyayang dan maha mengasihani, pasti dia akan menemukan jalan terbaik dengan cara tersebut. Karena Tuhan tidak akan tinggal diam melihat umatNya yang ikhlas menerima kehendakNya.

Berikutnya sang kakek menguatkan niat untuk membayar semua hutang-hutangnya. Walau hutangnya sangat besar, dia berusaha mencicil dengan rejeki yang telah diterima TANPA MAU MENUNDA-NUNDA. Tahukah anda? Ternyata dengan cara ini justru Tuhan semakin mengucurkan rejeki untuk melunasi hutang yang telah dia niatkan sebelumnya. Sampai tanpa terasa akhirnya rejeki yang terus mengucur berkat niat yang kuat tadi akhirnya bisa membuat semua hutang-hutangnya lunas.

Terakhir, sang kakek terus berusaha menjalin sebanyak mungkin silaturahmi. Terus berusaha mengenal orang-orang baru yang bisa menunjang bisnisnya. Sampai akhirnya bisa kembali bangkit lagi.

Dari kisah sang kakek, bisa kita simpulkan bahwa saat kita ikhlas menerima dan menjalani cobaan dari Tuhan, Tuhan justru tambah sayang dan menaruh belas kasihan pada kita. Sang kakek bisa cepat bangkit karena berusaha dengan sungguh-sungguh melunasi semua hutangnya tanpa mau menunda saat ada rejeki, berapapun sedikitnya rejeki itu. Terakhir dia menambah deras rejeki yang telah ada dengan silaturahmi.

Dialog dengan sang kakek tersebut adalah tambahan ilmu yang sangat berarti buat saya. Semoga kisah ini juga membawa manfaat buat Anda.


Google BookmarksYahoo BookmarksShare/Save

Tags: , , , ,


Artikel ini ditulis secara eksklusif oleh Eko Yulianto. Hanya untuk kepentingan NON KOMERSIAL, Anda bebas memakai sebagian atau seluruh isi artikel ini dengan mencantumkan nama Eko Yulianto sebagai penulis dan URL/link asli artikelnya.
Silahkan gunakan PETA SITUS untuk melihat arsip artikel lebih lengkap. Terimakasih.


26 Responses to “Cara Sang Kakek Bangkit dari Kebangkrutan”

  1. ipung kurnia Says:

    Trims Mas eko Infonya , kisahnya hampir mirip dengan saya,saat ini masih ada ganjalan tapi tak sebesar 5 tahun yang lalu.Mudah-mudahan aku juga dapat jalan keluar dari krisis yang bikin puyeng kepala.

    Bravo untuk si Kakek.

  2. muhammad siroj Says:

    Memotivasi.

  3. tyo Says:

    pak Eko,

    ijin copy dan dishare yah ke fb… terima kasih

  4. hendry Says:

    wah jadi semangat nih dalam bekerja, ong kakek-kakek aja semangat apalagi yang muda

  5. agen bola online Says:

    dari perjalanan hidup sang kakek saya mengambil hikmahnya bahwa dalam keadaan apapun kita tidak boleh menyerah,kita harus berjuang untuk bisa melewati setiap masalah yang kita hadapi

  6. MPE EXPRESS Says:

    2 tahun yang lalu kami mengalami kejadian serupa dengan kakek tapi dengan kegigihan kami berikhtiar dengan ditambah doa dan sholat malam, semua ujian itu terlewati, manis gula telah kami rasakan setelah pahitnya empedu menghampiri kehidupan kami, semoga allah senantiasa bersama orang yang sabar dan tawakal. amin..

  7. mas witz Says:

    aslkm.wr.wb…

    salam kenal mas, trimakasih byk informasi dan ilmu yang bermanfaatnya..
    smg dibalas kebaikan pula dr Allah SWT, amien..

    ijin copas ya mas,…
    maturnuwun…

  8. Eko Yulianto Says:

    wslm wr wb,
    Terimakasih doanya pak, monggo silahkan copas :)

  9. galuh chrysanti Says:

    seneng banget nemu blog sebagus dan sebermanfaat ini… semoga jadi amal mas eko.. :)

  10. Eko Yulianto Says:

    Terimakasih, amiin…..

  11. franky Says:

    saya adalah pengusaha jasa peminjaman uang,dan skrang tu utang saya bertumpuk,dan smua yg saya miliki tlah habis,apaka saya masih dpat bangkit sprti kakek

  12. Wahyu Says:

    Alham bisa baca artikel bagus ini, pas dengan yg saya alami,,, mudah2 bermanfaat sekali buat saya amien

  13. Informasi Bisnis dan Pariwisata Says:

    artikel yang sangat memberikan inspirasi…thanks.

  14. Zainal Arofiq Says:

    Makasih saran2nya semoga Alloh mengabulkan hajat umat-Nya Amin..

  15. eko maryono Says:

    Terima kasih artikelnya mas,saya terbantu termotivasi dengan tulisan anda.smoga saya bisa meniru kakek dan segera bangun dari keterpurukan saya.skali lagi terima kasih dan mohon doanya

  16. Eko Yulianto Says:

    Amiiin….

  17. Tedy Says:

    terimakasih…. mulai detik ne saya akan coba melunasi semua hutang2 saya…

  18. santri santoso Says:

    aku berpendapat setiap insan akan menempuh ceria &terpuruk,saat terpuruk kita akan mengenal dunia orang lain yang sudah dilewatinya keterpurukan itu,,, jangan menyerah!!!!!saat terpuruk tidaklah lama!!!!!! kau akan mentertawai dirimu sendiri saat kau sudah melewati keterpurukan itu!!!!.tak percaya?buktikanlah!!!!!yang penting jangan putus asa!!!!!!!!!!!!!ingatlah saat kita masa kecil,,,,ketika ibu menghampiri kita,,,,kita selalu saja berlarian dengan lari yang selalu kedepan hihihi……..jd semangat dong seperti kita masih kecil dulu yang tak pernah lelah ok?!…

  19. Putri Ayu Says:

    Lho untuk kebangkitan usahanya apa sih?

  20. dimas Says:

    Wow…MENGINSPIRATIF!
    Dukung NKRI SEJAHTERA dengan MEMPERBANYAK Usaha Kecil Milyaran!
    Unduh & Gunakan 100% GRATIS, Program Toko / Usaha untuk MEMBANTU MANAJEMEN Usaha Kecil Milyaran!
    SUKSES SLALU!

  21. andi firdaus Says:

    pak eko yulianto
    mau ikut gabung nih di artikel ini
    yang pingin saya tanyakan ttg bayar hutangnya sang kakek, yaitu :

    “mencicil dengan rejeki yang telah diterima TANPA MAU MENUNDA-NUNDA”.

    sekilas mmg ini mudah dilakukan , tapi bagaimna bila uang yg ada yg akan dibayarkan trnyata harus digunakan untuk modal krja (kulakan), kalo dibayarkan jadinya gk bisa kulakan jadinya gk bisa jualan, mohon dijawab yaa

  22. fachris arriffuddin Says:

    ijin copas mas. karena cerita ini aq jadi tambah semangat. karena saat ini kondisiku sama dengan kakek yang mas ceritakan…… lg galau banyak hutang sana sini

  23. irfan Says:

    Mas Eko Yulianto, sama seperti pertanyaan Sdri. Putri Ayu, Uuntuk kebangkitan sang kakek, apakah usaha bisnis kakek tersebut, tolong dijawab, terima kasih.

  24. Eko Yulianto Says:

    Usaha kakek tersebut di bidang distribusi kebutuhan pokok

  25. irfan Says:

    Pak Eko bisa kasih alamat kakeh tersebut, saya ingin belajar dan bertukar pikiran langsung dengan beliau, karena saat ini saya sedang mengalami kesulitan keuangan karena terlilit hutang, terima kasih.

  26. irfan Says:

    Pak Eko yang anda sampaikan nyata atau cuma khayalan, koq permohonan saya yang terakhir tidak anda balas, Trims

Leave a Reply