Cara Ko Ahong Mendidik Anak - Pendidikan Bisnis Orang Cina

rahasia bisnis cina, pendidikan bisnis cina, cara sukses cina, kiat sukses, sukses bisnis, pendidikan bisnis

Dec 26

Mengapa orang Cina rata-rata menjadi orang sukses dalam berbisnis, mungkin bisa terwakili dengan salah satu kejadian yang saya ketahui berikut ini. Sebuah kejadian betapa pentingnya menanamkan semangat wirausaha dan menghargai arti susahnya mencari uang sejak usia dini.

Usia anak-anak adalah masa sangat penting dalam pembentukan pola bagi kehidupannya dimasa depan. Hal inilah yang sangat diperhatikan oleh ko Ahong kenalan saya. Dan mungkin juga dilakukan pula oleh orang tua ko Ahong saat masih kecil dulu, sehingga ko Ahong menjadi seorang pebisnis sukses saat ini.

Sejak masuk SD, anak-anak ko Ahong sudah diharuskan menghasilkan uang dari semua aktifitasnya. Selain itu juga diberi tanggung jawab atas segala fasilitas yang diterimanya. Mulai penjemputan sekolah hingga guru yang mengajar les privat, mereka harus ikut membayarnya.

Caranya? Setiap mengerjakan perkerjaan rumah seperti menyapu, mencuci pakaian, hingga membantu di perusahaan miliknya, anak-anak ko Ahong mendapatan gaji. Gaji mereka inilah yang dipakai untuk membayar segala fasilitas yang mereka terima.

Ko Ahong sudah menyediakan absensi harian berapa kali anak-anaknya mengerjakan tugas-tugas yang diberikan. Setiap akhir minggu absensi itu ditotal dan uangnya diberikan pada anak-anaknya, ditambah uang jajan setiap minggunya. Jika gaji yang diterima kurang untuk membayar fasilitas antar jemput sekolah dan guru privat, maka resikonya sang anak harus rela uang jajannya berkurang sebagai gantinya.

Walaupun demikian, ko Ahong tetap menunjukkan bahwa orang tuanya sangat sayang pada mereka. Berbagai hadiah dan bonus diberikan ko Ahong jika anaknya berhasil meraih prestasi bagus di sekolah. Dan biaya untuk antar jemput dan guru privat sebenarnya hanya sekitar 30-40% saja yang ditanggung oleh anaknya.

Sebenarnya cerita ini mirip dengan sebuah buku yang membahas Rahasia Sukses Bisnis Orang Cina. Tapi berhubung kisah ini saya tahu dengan mata kepala sendiri, menjadikan kisah ini begitu berkesan bagi saya.

Semoga kisah ini bermanfaat, sukses untuk Anda…..

Google BookmarksYahoo BookmarksShare/Save

Tags: , , , , ,




6 Responses to “Cara Ko Ahong Mendidik Anak – Pendidikan Bisnis Orang Cina”

  1. IKHSAN Says:

    Bagus artikelnya, sebagai motivasi dan daya dorong bagi kita dalam mendidik anak scr disiplin dan mandiri. smg bermanfaat shg terbentuk kepribadian mandiri dan interpreneur, yg sgt dibutuhkan skrg ini.

  2. Choky Says:

    “tuntut lah ilmu sampai ke Negri Chna” ternyata itu dari ucapan Nabi Muhammad SAW, silakn di cari Haditsnya

  3. Elis Says:

    cara ko ahong ini kira² bisa mulai diterapkan untuk anak usia berapa ya?

  4. Eko Yulianto Says:

    Anak2 ko Ahong waktu itu paling kecil kelas 2 SD bu

  5. Yessie Says:

    Sebenarnya menarik dan bagus caranya, tapi menurut saya bisa juga memberi dampak buruk yaitu sejak kecil anak-anak sudah diajarkan mengukur segalanya dengan uang, semua hal ada harganya (uang). Tak heran, sebagian besar kaum tionghoa (mohon maaf sy tidak bermaksud SARA tapi ini merupakan pengalaman saya juga bergaul dgn banyak teman2 tionghoa) selalu berpikir segala sesuatu dinilai dgn uang..uang..uang saja, mengurangi tingkat empati dan rasa sosial mereka apalagi ke orang-orang non tionghoa. Ini pendapat pribadi saya lho. Jadi cara di atas bisa saja kita terapkan tapi tanpa melupakan sisi kemanusiaan (bahwa tidak semua hal di dunia ini bisa dinilai dgn uang), empati dan sosial kemasyarakatan.

  6. www.duta-travel.com Says:

    Mantap ceritanya,,,
    Tks

Leave a Reply