Bisnis Kafe Hot Spot

kafe hot spot, hotspot, bisnis internet, bisnis kafe, internet kafe

Jun 08

Bisnis Kafe Hot Spot, Peluang Bisnis Mudah dan Sangat Menguntungkan

Berdasarkan pengamatan saya di Malang, saat ini bisnis kafe hot spot semakin marak saja. Terutama untuk lingkungan dekat kampus. Awalnya bisnis ini saya remehkan, tetapi setelah saya survei secara langsung selama dua bulan terakhir saya bisa menyimpulkan jika bisnis ini sangat menjanjikan.

Bisnis kafe hot spot adalah sebuah bisnis yang menggabungkan antara kafe dan warnet. Perbedaan dengan warnet adalah tarif akses internetnya yang gratis. Pengunjung kafe hot spot cuma diharuskan membeli minimal satu menu yang disediakan oleh pengelola kafe hot spot. Menu yang disediakan biasanya beragam mulai minuman, makanan kecil, atau makanan berat.

Dari beberapa kafe hot spot yang saya kunjungi selama 2 bulan terakhir bahkan ada yang hanya memberikan menu minuman dan makanan kecil saja. Mungkin dengan pertimbangan lebih praktis bagi pengelolanya. Tidak diperlukan keahlian khusus untuk penyediaan menu-menu itu tetapi keuntungan yang didapatkan sangatlah besar. Biasanya menu yang tersedia hanya kopi, kopi susu, susu hangat, moca, coklat hangat, mie rebus, dan berbagai makanan atau minuman lain yang pembuatannya sangat mudah.

Bicara masalah keuntungan tentu sangatlah besar dari menjual makanan atau minuman sederhana ini. Secangkir kopi susu yang dijual dengan harga 4 ribu rupiah, keuntungannya bisa mencapai 3 ribu untuk satu cangkir. Harga makanan atau minuman di beberapa kafe hot spot terkadang dibuat lebih mahal dan itu tidak masalah bagi pengunjung karena bisa mengakses internet sepuas mereka. Bahkan ada juga kafe hot spot yang saya kunjungi mengharuskan pengunjung membayar biaya tambahan sebagai pengganti listrik sebesar 500 rupiah.

Rata-rata pengunjung kafe hot spot dalam satu hari bisa lebih dari 50 orang dengan jam operasional mulai jam 1 siang sampai jam 1 malam. Anggap saja keuntungan penjualan tiap orang 3 ribu rupiah dikalikan 50 berarti 150 ribu perhari dan 4,5 juta perbulan. Itu adalah perhitungan keuntungan minimal. Berdasarkan pengamatan saya banyak pengunjung yang bersama teman, pacar, atau mengajak beberapa teman sekaligus. Pengunjung yang seperti ini pasti akan membeli beberapa minuman atau makanan sekaligus yang berarti pemasukan keuntungan kafe hot spot akan semakin besar untuk sekali kunjungan.

Sekarang mari kita hitung pengeluaran kafe hot spot dalam 1 bulan. Memakai speedy unlimited (pemakaian tak terbatas) biayanya 750 ribu untuk satu bulan. Gaji karyawan sebanyak 2 orang kita anggap saja 1 juta. Biaya lain-lain anggap saja 200 ribu berarti hasil bersih adalah 2,55 juta dalam satu bulan. Itu adalah penghitungan keuntungan minimal karena pengunjung yang membawa teman dan membeli lebih dari 1 menu kita abaikan.

Anda saat ini sedang bingung membuka usaha apa? Saya rekomendasikan kafe hot spot jika anda berada di sekitar kampus. Saat ini hampir semua mahasiswa mempunyai laptop karena sudah menjadi kebutuhan dasar. Bahkan beberapa fakultas mewajibkan mahasiswanya mempunyai laptop. Bukan hanya mahasiswa yang kini ramai-ramai memiliki laptop, para pelajar pun banyak yang memilikinya. Hal ini didukung dengan semakin murahnya harga laptop. Dapat saya simpulkan pangsa pasar bisnis kafe hot spot akan terus terbuka dan semakin terbuka lebar terutama untuk lingkungan kampus dan kalangan menengah atas.


Google BookmarksYahoo BookmarksShare/Save

Tags: , , ,




12 Responses to “Bisnis Kafe Hot Spot”

  1. Radenmas Says:

    setuju bgt mas,seorang temen saya punya warkop yg dilengkapi dengan wifi,dan pengunjungnya rame bgt, apalagi lokasinya deket kampus.disamping itu dy jg buka usaha tour dan travel yg juga lumayan konsumennya.

  2. ajes Says:

    yes i agree, i like it if i have a asset i will try it later…….

  3. vee Says:

    mantep nie idenYa bos……. kira2 berapa baged bikin wifi yaaa…. share donk… makasih

  4. Eko Yulianto Says:

    Beli akses point (pemancarnya) ada yang 500 ribuan sekarang. Makin murah aja pak, apalagi sejak diberlakukan pasar bebas dengan Cina :) Modal lainnya cuma meja2 kecil tempat laptop, karpet kalo dibuat lesehan, plus sewa tempat

  5. rifki Says:

    umum nya pke yg brapa kecepatan ya bg

  6. Eko Yulianto Says:

    Biasanya pake speedy unimited, sepertinya kecepatan “up to 1 M”

  7. Feysa zahra Says:

    Berapa modalnya y? Dikotaku kyanya baru satu tmpt yg ada,. Dsini sepertinya msh terbuka lebar peluang tersebut,

  8. Eko Yulianto Says:

    Modalnya hanya beli modem untuk sambungan SPEEDY, sewa tempat, dan beberapa meja kecil serta peralatan dapur untuk membuat minuman. Anda bisa hitung sendiri deh, sebab sewa tempat ditiap daerah khan macam2 biayanya :)

  9. Reza Says:

    kalau dihitung sama semuanya, berapa kira-kira biayanya semua termasuk pasang hotspot, sewa tempat dan lain2………?

  10. boim Says:

    Ass….
    saya boim bng, bng minta bntuan nya dunk… buat proposal untuk usaha ini..??? ribet kepala saya bng..??? :D

  11. Kardi yasmudi Says:

    wah peluang usaha yang cukup luas…..tinggal ada niat dan kemauan nich…..tks pak Eko

  12. Firdaus Firdian Says:

    Bisnis internet hotspot saat ini sedang marak. Saya menawarkan kepada Anda semua tentang installasi jaringan hotspot dengan menggunakan sistem voucher.

    Jika kita lihat ulasan diatas bahwa pengunjung diharuskan membeli salah satu makanan dulu baru bisa mengakses internet, maka hotspot harus memiliki security agar orang yang tidak membeli makanan tidak bisa mengakses internet. Maka saya menawarkan hotspot dengan sistem voucher (menggunakan username dan password),

    jika tertarik silahkan hubungi saya di email : firdian.cavalera@gmail.com atau di 081390626873 atau di 02470432653

Leave a Reply