Melihat kejadian yang menimpa saudara kita akibat jebolnya Situ Gintung mengingatkan kejadian yang menimpa Aceh beberapa waktu lalu. Harta benda dan nyawa melayang hanya dalam sekejab mata saja. Bahkan bencana Situ Gintung ini tergolong mengiriskan karena saat semua masyarakat sedang terlelap dalam tidur bahaya yang mengancam nyawa mereka justru datang. Tidak ada lagi kesempatan bagi mereka melarikan diri apalagi menyelamatkan harta benda mereka.Dalam kacamata bisnis saya, melihat kejadian Situ Gintung yang begitu dahsyat, membuat saya semakin tidak berani menyombongkan diri sedikitpun dengan apa yang pernah saya raih. Kesuksesan, keberhasilan, dan segala kelebihan yang kita miliki dalam sekejab mata bisa diambil kembali oleh Allah tanpa ada satupun yang bisa menghalangi. Bencana Situ Gintung telah membuat apa saja yang dimiliki oleh masyarakat yang terkena imbasnya menjadi tak punya apa-apa. Bisnis atau usaha yang telah mereka rintis rata dengan tanah seiring terjangan air bah dari bendungan Situ Gintung.

Dalam dunia bisnis, kejadian bencana alam seperti Situ Gintung memang diluar kendali dan perkiraan siapa pun. Siapa pun pasti tidak berani membayangkan seandainya semua yang telah mereka raih dan mereka dapatkan dengan susah payah akhirnya bisa hilang dalam sekejab mata saja. Bagi pebisnis, hendaklah kejadian Situ Gintung menjadi pelajaran, bahwa kehilangan apa pun pasti akan terjadi jika Allah menghendaki karena semua yang kita miliki adalah titipan Allah semata. Karena titipan, sangatlah wajar jika sewaktu-waktu diambil kembali oleh yang punya.

Walaupun semua yang kita miliki adalah titipan, bukan berarti kita harus pasrah begitu saja seandainya kejadian seperti Situ Gintung terjadi. Ingat, Allah menganugerahkan akal fikiran pada manusia untuk digunakan sebaik-baiknya. Untuk mengantisipasi bencana alam ada baiknya kita mengasuransikan bangunan atau aset yang kita miliki agar jika terjadi kejadian seperti Situ Gintung kita tidak kehilangan semuanya.

Semoga kita semua bisa mengambil hikmah dari kejadian Situ Gintung karena dari setiap kejadian yang diturunkan Allah pasti ada hikmahnya. Semoga kesabaran dan ketabahan selalu terlimpahkan bagi masyarakat yang terkena bencana situ Gintung. Amin…..